SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROFIL KEMAMPUAN MAHASISWA PESERTA KAJIAN PRAKTIK LAPANGAN DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENGENGAH ATAS

Ayudani Imania Fatimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Imania, Ayudani Fatimah. 2017. Profil KemampuanMahasiswa Peserta Kajian Praktik Lapangan dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sugiyanto,S.Pd. M.Si (II) Sulur, S.Pd. M.Si. M.T.D

 

Kata kunci: Kemampuan mengembangkan RPP, mahasiswa Pendidikan Fisika, KPL

Mahasiswa calon guru fisika diwajibkan untuk mengikuti program Kajian Praktik Lapangan (KPL) untuk menyatukan teori dan keterampilan dasar yang didapat di perkuliahan. KPL kependidikan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran secara nyata dan utuh dalam kerangka lesson study. Kegiatan tersebut berlangsung dengan baik apabila mahasiswa calon guru mampu merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Namun kenyataannya penyusunan RPP yang dilakukan calon guru masih belum memenuhi kriteria.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam mengembangkan RPP secara prosedural dan mendeskripsikan kualitas RPP mahasiswa fisika peserta KPL.  Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 35 mahasiswa Fisika peserta KPL Universitas Negeri Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kemampuan mengembangkan RPP secara prosedural, instrumen penilaian produk RPP, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemempuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam mengembangkan RPP sebesar 77,3% dengan kategori cukup. Kemampuan prosedural mahasiswa Fisika peserta KPL dalam mengembangkban RPP sebeesar 79,6%. Mahasiswa mampu mengembangkan RPP secara prosedural, yakni mengembangkan materi pembelajaran, mengembangkan media dan sumber belajar, mengembangkan kegiatan pembelajaran, mengembangkan instrumen penilaian, keterlaksanaan RPP dan refleksi pembelajaran dengan baik. Namun mahasiswa masih belum mampu mengembangkan metode pembelajaran dengan baik. Kualitas RPP mahasiswa fiska peserta KPL yaitu 73,6% dengan kualifikasi cukup. Kualitas kelengkapan identitas dan kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan sumber belajar, dan instrumen penilaian sudah cukup baik, Namun kualitas tujuan pembelajaran masih perlu tingkatkan.

 

ABSTRACT

 

Imania, Ayudani Fatimah. 2017. Profile Student Ability Participants Practice Field Studies in Developing a Lesson Plan Physics in High School. The script, Department of Physics, State University Negeri Malang. Supervisor: (I) Sugiyanto,S.Pd. M.Si (II) Sulur, S.Pd. M.Si. M.T.D

 

Keyword: Ability to develop lesson plans, student Physical Education, KPL.

The student of Physics teachers candidates are required to follow Field Practice Assessment program to unite theory and basic skills acquired in the lecture. Practice Assessment program education aims to develop student competence in implementing learning in a real and intact within the framework of lesson study. The activity will take place properly if the student of teachers candidates are able to design Learning Implementation Plan (RPP). But in fact the preparation of the RPP yet eligible for teacher candidates. This is shown by research conducted Yuliati (2012) that not all the student of physics teacher candidates create lesson plans in the form of an optimal learning scenarios. In fact, good learning is based on a good plan too Hamalik (2004: 105).

This study aimed to describe the ability of a physics student participants in developing Practice Assessment program procedurally RPP and to describe the RPP’s RPP quality of the physics student participants Practice Assessment program. This study design using quantitative research design. Research conducted on 35 students of Physics  State University of Malang. The research instrument used was a questionnaires ability to developed RPPprosedurally, RPP product assessment instruments, and interviews. Quantitative data were analyzed descriptively.

The results showed that the ability of students of Physics participant KPL to developing RPP reach 77,3. The ability of students of physics participants KPL developing the RPP prosedurally reach 79,6. The ability procedurally Physics participants KPL participants KPL ability of physics students are able to develop procedural RPP, which was to develop learning materials, develop a media and learning resources, develop learning activities, developing assessment instruments, carried out RPP and reflecting on learning well. But students still have not been able to develop good learning methods. The quality of Physics students KPL participants RPP is 73,6 with sufficient qualifications. Identity completeness quality and competence, but the quality of the learning objectives still need to improve.