SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTETIKAL DEDUKTIF 5E TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

Retno Dian Lestari

Abstrak


Kurikulum 2013 revisi menuntut peserta didik untuk memiliki kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, serta kompetensi keterampilan, serta kemampuan penguasaan konsep fisika. Namun banyaknya anggapan fisika sulit mengakibatkan penguasaan konsep fisika peserta didik rendah yang dapat dilihat dari data Puspendik Kemdikbud, yaitu rata-rata nilai UN SMA fisika Provinsi Jawa Timur tahun 2015 yang hanya sebesar 72,64. Selain itu rata-rata nilai UN SMA 2016 lebih rendah 6,51 poin, dari 61,29 pada tahun 2015 menjadi 54,78 pada tahun 2016. Penurunan rata-rata UN juga terjadi di Provinsi Jawa Timur pada program studi IPA yang pada tahun 2015 sebesar 66,07 menjadi 55,24 pada tahun 2016. Dengan pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif 5E peserta didik dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya dan belajar berdasarkan pengalaman langsung melalui kegiatan eksperimen. Dengan fase-fase pembelajaran yang terdapat pada model ini serta pengujuan pertanyaan sebab-akibat akan membuat penguasaan konsep fisika peserta didik menjadi tinggi.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang dipergunakan adalah Sampling Purposive dari populasi XI MIA SMAN 5 Malang Semester genap tahun ajaran 2016/2017, dan sampel adalah kelas XI MIA 1 (XI C4) sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 2 (XI D4) sebagai kelompok kontrol.

Uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan dengan data nilai posttest pada taraf signifikansi 5%. Data yang dipergunakan dalam uji-t pihak kanan berupa data posttest yang terlebih dahulu diuji prasyarat menggunakan uji Liliefors dan uji-F. Hasil uji-t pihak kanan data nilai posttest penguasaan konsep fisika peserta didik diperoleh thitung = 3,058 > ttabel= 1,672, sehingga kesimpulannya penguasaan konsep fisika kelompok peserta didik yang menggunakan model siklus belajar hipotetikal deduktif 5E lebih tinggi daripada kelompok peserta didik dengan model pembelajaran konvensional.