SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGANMEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBEPADA MATERI BESARAN VEKTOR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Reka Dayana Saputra

Abstrak


Dunia pendidikan sekarang ini menuntut siswa untuk belajar lebih mandiri dan aktif. Peran guru hanyalah sebagai fasilitator. Pengetahuan harus dialami, dipelajari, dan ditemukan sendirioleh siswa. Pengetahuan siswa bisa didapat dari berbagai sumber belajar lain seperti buku teks dan informasi dari internet. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang mudah dijangkau, sumber belajar tidak terbatas hanya berupa buku teks saja. Komputer juga dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa. Komputer dapat digunakan untuk menghasilkan media pembelajaran yang berupa suara, gambar, video maupun aplikasi. Media pembelajaran berbantuan komputer lebih mudah dipahami dan lebih disukai oleh siswa. Oleh karena itu,  penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe pada materi besaran vektor untuk siswa kelas X SMA/MA. Tujuan ini didasarkan pada kemudahan penggunaan, penyebaran, dan lebih dekat kepada siswa zaman ini.

Penelitian yang dilakukan mengadaptasi desain penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall (2003) dengan mengikuti alur sebagai berikut: 1) tahap pendahuluan yang berupa studi kepustakaan; 2) tahap perencanaan yang terdiri dari: (a) mempelajari kompetensi inti, dan kompetensi dasar, (b) mengembangkan indikator, (c) mengembangkan materi; 3) tahap pengembangan draf produk yang meliputi: (a) menyusun materi, (b) menyusun storyboard, (c) mengembangkan produk (d) validasi; 3) tahap uji coba terbatas yang diujicobakan kepada lima siswa SMA di Kota Malang pada tanggal 19-24 Desember 2016; 4) tahap penyempurnaan produk yang berupa revisi hasil uji coba.

 

Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran yang berbentuk videoscribe dengan durasi 14 menit. Videoscribemerupakan jenis video animasi dimana penonton seolah-olah melihat tangan sedang menulis di suatu media tulis. Produk  yang dikembangkan dinilai sangat layak dengan perolehan persentase penilaian dari ahli materi sebesar 81,82%, ahli media sebesar 82,05% dan dari data hasil uji coba terbatas sebesar 83,57%. Produk media pembelajaran ini memiliki kelebihan yaitu: 1) membantu siswa untuk mencapai kompetensi;2)dilengkapi dengan contoh penyelesaian soal;3) media pembelajaran mudah untuk dibawa, dibagikan, serta dipelajari ulang; 4) media pembelajaran dapat dilihat di youtube dengan alamat https://youtu.be/xnh4pxUE8bY. Adapun kekurangan dari media ini adalah:1) media pembelajaran ini terbatas menjelaskan tentang materi besaran vektor saja;2) media pembelajaran ini tidak terlalu detail menjelaskan tentang materi besaran vektor.