SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Energi Panas Bumi Di Kawasan Cangar Batu Berdasarkan Anomali Gravitasi

Herwinda Siska Ramdhanita

Abstrak


Ketersediaan sumber daya energi bahan bakar minyak bumi (BBM) akan semakin menipis seiring dengan perjalanan waktu. Menipisnya bahan bakar minyak bumi terjadi karena proses pembentukannya memerlukan waktu ribuan bahkan jutaan tahun, maka perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan sumber energi yang dapat diperbarui. Energi panas bumi merupakan salah satu sumber energy terbarukan yang terbentuk dalam reservoir di dalam bumi melalui pemanasan air bawah permukaan oleh batuan beku panas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi struktur bawah permukaan wilayah panas bumi cangar untuk mengetahui sebaran hydrothermal. Area panas bumi yang diteliti mencakup luasan sekitar 2.55 km dengan titik pengukuran sebanyak 52 titik, dengan jarak antar titik 500 m.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gaya berat. Metode gaya berat diaplikasikan untuk menemukan informasi densitas lokal, berdasarkan nilai densitas ini dapat diketahui litologi batuan bawah permukaan kawasan panas bumi cangar. Sebaran hydrothermal teridentifikasi berdasarkan nilai densitas.

Hasil pengolahan dan analisis data yang diperoleh pada penelitian ini berupa angka yang kemudian diproses dengan menggunakan software Microsoft Excel, tidelongman dan Grav2D. setelah proses pengolahan dihasilkan data berupa gambar yang menunjukkan bahwa sebaran densitas lokal sebagai berikut, densitas 2.8750 gr/cm3 menunjukkan adanya batuan lava, densitas 2.5878 – 2.6445 gr/cm3 menunjukkan adanya batuan Granit, densitas 1.7449-1.7556 gr/cm3 menunjukkan adanya pasir, densitas 1.0457 gr/cm3 menunjukkan adanya air. Lapisan air menunjukkan adanya hydrothermal di kawasan Cangar yang terdistribusi kearah imur dengan kedalaman 800m.