SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rancang Bangun Pengukuran PEC (photoelectrochemical) berbasis Labview

Radiktyo Permono

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Krisis energi adalah persoalan yang sangat krusial. Hal ini ditunjukkan dengan ketersedian energi yang semakin hari semakin menipis. Kondisi ini diperparah dengan meningkatnya kebutuhan dan konsumsi energi di dunia. Dari uraian tersebut, diperlukan adanya sumber energi alternatif yang dapat digunakan secara massal dan berbiaya murah serta dapat diperbaharui. Salah satu energi alternatif terbarukan adalah solar cell (sel surya) photoelectrochemical. Photoelectrochemical (PEC) merupakan sebuah sel yang dapat mengkonversi energi surya menjadi sebuah pembawa energi melalui proses elektrokimia dengan bantuan energi cahaya. Dalam proses pencarian nilai arus fotoelektrokimia diperlukan sebuah prototipe terhubung dengan perangkat lunak seperti LabView.

Dalam penelitian ini, proses pengukuran I-V dilakukan berbasis program LabView karena prosesnya yang sederhana. Glass adalah bahan yang digunakan untuk merancang prototipe photoelectrochemical. Prototipe pengukuran menggunakan 3 probe yaitu: working electrode (WE), catode electrode (CE) dan reference electrode (RE). WE memakai bahan film ITO/ZnO, CE menggunakan bahan Pt (platina) dan RE menggunakan PH meter. Ketiga probe dihubungkan dengan Keithley 6517B dan Keithley 2182 yang sudah terhubung dengan PC. Nilai yang telah diukur akan keluar pada layar program.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa fabrikasi prototipe pengukuran photoelectrochemical berbasis LabView telah berhasil dilakukan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil uji prototipe yang bersesuaian dengan nilai pengukuran manual.