SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lebar Sambungan terhadap Dinamika Vorteks pada JJ-SNS Berdasarkan Model TDGL Termodifikasi

Prawitasari . Prawitasari

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Dinamika vorteks pada sambungan Josephson telah berhasil dijelaskan menggunaka npersamaan TDGL termodifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari keadaan rapat arus super dalam sambungan dan mengetahui bagaimana dinamika vorteks dalam sambungan.  Kedua superkonduktor identik pada sambungan tersebut terbuat dari superkonduktor tipe II dengan k=1,3, dan penyambungnya terbuat dari bahan normal. Kedua superkonduktor identik tersebut dibuat tetap dengan ukuran LxxLy = 24,5x0 x 50x0 dan lebarsambungannya di variasi.  Penelitian ini didasarkan pada penyelesaian numerik dari kedua persamaan itu. Metode yang digunakan adalah metodefinite difference (bedahingga) dengan skema Forward Time Centere Space (FTCS).

Sambungan pada JJ-SNS memberikan dua sifat beda jika medan magnet eksternal He­dan rapat arus eksternal Je dikenakan padanya.  Sambungan dapat berperan sebagai tancapan (pinning) dan dapat pula menjadi saluran bagi vorteks.  Penyambung memilik iperan penting pada dinamika vortex. Vortex-vortex dapat hadir pada penyambung dengan lebar penyambung kurang dari 4,5x0. Vortex-vortex ini lenyap ketika lebar penyambung diperbesar menjadi 4,5x0. Nilai rapat arus super pada sambungan akansemakin berkurang jika lebar sambungannya di perbesar.  Hal ini menyebabkan semakin lebar sambungan maka akan semakin banyakvorteks yang masuk ke sambungan dan vorteks akan tergantikan medan magnet kontinyu jikasambungannya terlalu besar.