SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X-MIA

Cyntia Okky Pereira

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Pereira, Cyntia Okky. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Teknik Probing Prompting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Kelas X-MIA. Skripsi, Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarjono, M.Pd, (II) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D.

Kata Kunci: pembelajaran discovery learning, teknik probing prompting, prestasi belajar fisika

Prestasi belajar fisika merupakan hasil belajar aspek kognitif yang dicapai melalui skor test. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dan sesuai sangat diperlukan. Model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting dapat digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting  untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas (model pembelajaran) dan variabel terikat (prestasi belajar fisika). Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X-MIA SMA NEGERI 10 Malang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh sampel untuk penelitian, yaitu peserta didik kelas X-MIA D2 yang berjumlah 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X-MIA E2 dengan jumlah 19 peserta didik sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan tes prestasi belajar fisika yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda pada materi suhu dan kalor, dokumentasi dan observasi kegiatan pembelajaran.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting menghasilkan  peningkatan rata-rata skor gain  yang lebih tinggi daripada rata-rata skor gain yang dibelajarakan dengan model discovery learning tanpa disertai teknik probing prompting. Rata-rata skor gain peserta didik kelas eksperimen adalah 0,377, sedangkan rata-rata skor gain peserta didik kelas kontrol adalah 0,215. Hasil penelitian ini didukung dengan hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung = 2,464 > 1,686 (t38;0.5). Jadi, dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar fisika yang dibelajarkan dengan model discovery learning disertai teknik probing prompting lebih tinggi daripada pembelajaran dengan model discovery learning tanpa disertai teknik probing prompting.

ABSTRACT

Pereira, Cyntia Okky. 2017. The Influence ofb Discovery Learning Model   with Probing Prompting Techniques to Increase Physics  Achievement  of  Tenth Grade-MIA Students. Thesis, Department of Physics,  Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Sumarjono, M. Pd, (II) Sulur, S. Pd, M.Si, M.T.D.

Keywords: discovery learning, techniques probing prompting, studied achievement physics

The achievements are the result of learning physics, learning aspect is achieved through cognitive test scores. The use of proper learning and model fit is very necessary.

A learning model of discovery learning techniques accompanied by probing prompting can be used in learning physics, particularly on the material temperature and heat to improve learning achievements of learners. This research aims to know the influence of model learning discovery learning accompanied by probing prompting techniques learning achievements against learners.

This research is a quasi experimental with pretest and posttest design. The variables in this study consisted of independent variable (learning model) and dependent variable (studied achievement physics). The population of this research were students of  X-MIA in SMA Negeri 10 Malang academic year 2016/2017. The sampling technique on this study was  purposive sampling. Therefore the this samples in research, were X-MIA D2 with 21 students as the experiments class and the students of X-MIA E2 with 19 students as the control class. Method of collecting data with a studied physics achievement test consists of 15 multiple choice question on the topic of temperature and heat, giving observation, giving documentation.

 

The results of this study showed that the use of the learning model of discovery learning with techniques probing prompting average of gain score is higher than the average of gain score of the discovery learning without techniques probing prompting. The average value of the gain score experimental class is  0,377 , while the average value of the gain score control class is 0,215. The results of this research are supported by the results of the calculation of test-t which indicates that  thitung = 2.464 > 1.686 (t38;0.5). So, it can be concluded that the achievement of learning physics with model discovery learning accompanied by probing prompting techniques higher than learning with a model of discovery learning techniques of probing without any prompting.