SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran dengan Pemodelan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X pada Topik Prinsip Archimedes

Aries Ika Windasari

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Penelitian ini bertujuan untuk merancang pembelajaran dengan pemodelan dan mengetahui pengaruhnya terhadap pemahaman konsep siswa, serta miskonsepsi siswa pada prinsip Archimedes. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan kuantitatif dan kualitatif yaitu mixed method jenis embedded design. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa pada prinsip Archimedes. Analisis statistik dilakukan pada data kuantitatif untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pemodelan terhadap pemahaman konsep siswa. Data kualitatif diperoleh dari catatan observer, angket, wawancara, dokumentasi foto dan video. Analisis data kualitatif dilakukan untuk mengetahui kegiatan siswa saat mengikuti pembelajaran dengan pemodelan dan miskonsepsi yang dimiliki siswa pada prinsip Archimedes. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 MA Negeri Trenggalek yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pemodelan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa sekaligus mengatasi miskonsepsi yang dimiliki siswa pada prinsip Archimedes. Hal ini didukung dengan perolehan nilai d-effect size sebesar 3,48 dan N-gain sebesar 0,74. Pembelajaran dengan pemodelan yang dilakukan dapat mengurangi miskonsepsi siswa pada prinsip Arhimedes yang meliputi: (1) anggapan bahwa gaya apung dipengaruhi oleh massa benda, (2) anggapan bahwa resultan gaya akibat tekanan fluida pada benda yang berada dalam keadaaan diam di dalam fluida adalah nol, (3) anggapan bahwa gaya-gaya lain yang bekerja pada benda yang berada di dalam fluida mempengaruhi besarnya gaya apung, (4) anggapan bahwa kedalaman letak benda dalam fluida dipengaruhi oleh massa jenis benda, (5) anggapan bahwa volume benda yang tercelup dalam fluida dipengaruhi oleh percepatan gravitasi, (6) anggapan bahwa gaya apung pada benda yang berada dalam beberapa jenis fluida dengan keadaan volume tercelup berbeda-beda berbanding lurus dengan volume tercelup bendanya, dan (7) anggapan bahwa berat benda yang tenggelam sama dengan berat perpindahan air.