SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANTU SISWA MENERAPKAN PRINSIP FLUIDA DINAMIK DALAM TEKNOLOGI

Mohammad Dharul Asmawan

Abstrak


Pendidikan di Indonesia cukup dinamis. Kurikulum pendidikan yang sedang diberlakukan di Indonesia adalah Kurikulum 2013 (K-13). Menurut Permen no 59 tahun 2014, kurikulum 2013 dikembangkan atas teori kurikulum berbasis kompetensi (competency-based curriculum). Kurikulum berbasis kompetensi dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi peserta didik. Pengalaman belajar yang disarankan oleh K-13 meliputi tahapan 5M. Berdasarkan hasil studi lapangan ditemukan bahwa guru fisika SMA kesulitan mengimplementasikan K-13 karena beberapa alasan salah  satunya adalah minimnya bahan ajar berbasis K-13. Salah satu KD yang implementasinya tidak mengacu K-13 adalah KD 3.7 yaitu menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi. Berdasarkan studi pustaka, terdapat teknologi yang mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan cocok untuk diimplementasikan pada pembelajaran KD 3.7 yaitu teknologi AR. Pada studi lapangan juga diperoleh bahwa rata-rata siswa memiliki smartphone atau tablet dengan operating system android. Oleh karena itu penelitian ini perlu diadakan yaitu penelitian yang bertujuan mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis android berbantuan AR untuk membantu siswa menerapkan prinsip fluida dinamik pada
teknologi.  Penelitian ini menggunakan model Research and Development Borg and Gall yang diadaptasi menjadi 5 langkah yaitu studi pendahuluan, merencanakan penelitian,  pengembangan desain, uji produk terbatas, revisi hasil uji lapangan terbatas. Pengumpulan data melalui pengumpulan instrumen bentuk angket yang diisi validator dan calon pengguna. Instrumen yang digunakan adalah instrumen Kelayakan dan instrumen keterbacaan. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar berbasis android berbantuan AR untuk membantu siswa menerapkan prinsip fluida dinamik pada teknologi dengan kategori layak dan mudah untuk digunakan. Kelebihan dari produk ini diantaranya dapat memotivasi siswa karena menggunakan teknologi AR, disusun berdasarkan tahapan pengalaman belajar yang jelas dan runtut, dan membantu pembelajaran menjadi lebih efisien. Selain memiliki kelebihan, produk ini juga memiliki kelemahan diantaranya membutuhkan smartphone atau tablet dengan sistem operasi android versi 4.4 (kitkat) ke atas dan terbatas pada satu paket IPKD.