SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Dialog Sokratik sebagai Alat Bantu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kalor

Irvany Nurita Pebriana

Abstrak


Sebagaimana telah dilaporkan dalam penelitian terdahulu, banyak siswa yang memiliki pemahaman yang salah terkait konsep kalor. Pemahaman yang salah bisa disebabkan oleh adanya ketidaksamaan makna antara di fisika dan di kehidupan sehari-hari, kalor berhubungan dengan konsep-konsep lain  dimana hubungan itu justru sering menyebabkan siswa merancukan kalor dengan besaran-besaran lain, dan kesalahan siswa dalam menginterpretasikan makna metafora yang ada pada buku teks. Pemahaman yang salah, baik melekat secara kuat maupun tidak, perlu diperbaiki dan dicegah agar tidak terjadi pada diri siswa. Salah satunya dengan memunculkan konflik kognitif melalui pertanyaan sokratik. Pada penelitian terdahulu, pertanyaan sokratik dikemas dalam bentuk media flash sebagai bahan belajar mandiri, namun kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep karena tidak segera memberikan balikan maupun penguatan sehingga subyek tidak dapat mengetahui kesalahannya, akibatnya  subyek  tidak menyadari bahwa ia memiliki pemahaman yang benar atau salah. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperbaiki media pertanyaan sokratik yang telah dikembangkan oleh peneliti terdahulu dan untuk mengetahui pengaruh media dialog sokratik dalam meningkatkan pemahaman konsep kalor.

Penelitian ini  menerapkan penelitian pengembangan dipadukan dengan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model. Subyek penelitian terdiri atas 13 responden dengan latar belakang siswa SMA, mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Instrumen penelitian berupa soal tes konsep kalor dan media dialog sokratik. Data perubahan skor pretest-posttest dianalisis secara kuantitatif dan data rekam jejak penggunaan media dialog sokratik (alur pemikiran) dianalisis secara kualitatif.

Hasil uji kelayakan oleh validator, dari segi konten dan kebahasaan dinyatakan valid dan mampu memperbaiki media pertanyaan sokratik yang dikembangkan oleh peneliti terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Dialog Sokratik dapat meningkatkan pemahaman konsep kalor dan konsep-konsep lain yang berkaitan secara signifikan (sig=0.000) dengan nilai d-effect size sebesar 1.62 (sangat tinggi) dan N-gain sebesar 0.67 (medium atas).