SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Nanopartikel Perak (Ag) pada Nanopartikel Magnetit (Fe3O4) Core-Shell PEG (Polyethylene glycol) terhadap Struktur, Absorbansi dan Aktivitas Antibakteri

Ivana Ristanti

Abstrak


Penggabungan nanomaterial yang terdiri dari dua atau lebih bahan nano yang berbeda sangatlah menguntungkan. Khususnya, partikel nanokomposit multifungsi dengan setidaknya satu komponen mangnet, baru-baru ini menjadi subjek penelitian luas dalam menggabungkan fungsionalitas dari nanopartikel magnetik dan nanopartikel semikonduktor atau logam, salah satunya adalah Fe3O4 dan Ag. Untuk meningkatkan biokompatibilitas, mengontrol ukuran dan struktur pori dengan menggunakan polimer biokompatinel salah satunya PEG. Oleh karena itu telah dilakukan penggabungan bahan tersebut untuk memaksimalkan kemampuannya.

Pada penelitian ini, dilakukan variasi komposisi nanopartikel Ag untuk mengetahui pengaruhnya terhadap struktur kristal, morfologi sifat absorbansi dan aktivitas antibakteri nanokomposit Fe3O4-PEG@Ag. Bahan yang digunakan adalah AgNO3, MSA, NaBH4 untuk sintesis nanopartikel Ag dan  FeSO4, FeCl3, NH4OH untuk sintesis Fe3O4. Metode yang digunakan adalah reduksi kimia dan kopresipitasi. Fe3O4 dikompositkan dengan nano Ag menggunakan PEG. Larutan nanokomposit Fe3O4-PEG @Ag  selanjutnya diteteskan pada substrat glass kemudian diputar menggunakan spin coating dengan kecepatan 1500 rpm. Hasil spin coating berbentuk film Fe3O4@Ag yang selanjutnya dipanaskan pada suhu 170 oC. Sampel-sampel tersebut selanjutnya dikarakterisasi menggunakan XRD, SEM-EDAX, UV-Vis, FT-IR, pengukuran ukuran butir menggunakan hasil fitting gaussian yang hitung dengan persamaan debye-scherrer dan aktivitas antibakteri diuji dengan metode difusi sumuran.

Hasil XRD menunjukkan bahwa struktur kristal film Fe3O4-PEG@Ag umumnya tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Ukuran butir serbuk Fe3O4 dan Ag menunjukkan 13,99 nm dan 20,93 nm, setelah dikompositkan menghasilkan ukuran butir Fe3O4 dan Ag dengan rata-rata 16,99 nm dan 50,18 nm. Nilai absorbansi mengalami penurunan dengan semakin meningkatnya variasi nanopartikel Ag. Penambahan naopartikel Ag meningkatkan aktivitas  antibakteri dari Fe3O4-PEG@Ag.