SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Macromedia Swishmax dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis

Rifqi Mubarok

Abstrak


Pembelajaran  berdasarkan Kurikulum 2013 menuntut siswa  aktif dan mengutamakan pembelajaran berpusat pada siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik. Salah satu masalah dalam pembelajaran fisika adalah hasil belajar yang masih rendah (rata-rata secara nasional persentase penguasaan materi fisika sub materi fluida dinamis dalam ujian nasional tahun ajaran 2014/2015 adalah 66,75%). Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat membuat proses pembelajaran efektif, efisien, memudahkan guru dalam mengajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Macromedia swishmax dapat menghasilkan media animasi yang dapat mendukung pembelajaran. Oleh karena itu, dipandang perlu dikembangkan media pembelajaran berbantuan macromedia swishmax dengan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran fisika yang berbantuan macromedia swishmax dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan fluida dinamis dan mengetahui tingkat kelayakan media yang dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan model Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi 3 langkah pengembangan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan uji coba produk. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi angket oleh validator dan calon pengguna. Instrumen yang digunakan untuk mengumpukan data adalah angket validasi materi, angket validasi media dan angket respon siswa.

Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbatuan macromedia swishmax dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan fluida dinamis. Materi dalam media ini disajikan dalam bentuk video, animasi, gambar dan teks. Di setiap akhir bagian sub materi dilengkapi dengan latihan soal dan pembahasan. Selain itu juga terdapat uji kompetensi dengan penilaian dan pembahasan setelah pengguna selesai mengerjakan. Hal yang menunjukkan pendekatan saintifik dari media ini adalah bahwa media terdapat tahapan-tahapan dari pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyimpulkan. Uji kelayakan oleh validator ahli menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran ini layak untuk diuji coba lebih luas dengan nilai rata-rata kelayakan materi 92,93% dan rata-rata kelayakan media 90,41%. Media pembelajaran ini menggunakan pendekatan saintifik sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran padakurikulum 2013. Namun, disamping itu juga memiliki kelemahan yaitu terbatas pada materi fluida dinamis serta dibutuhkan swf opener untuk menggunakan media.

Kata Kunci : media pembelajaran fisika, swishmax, pendekatan saintifik, fluida dinamis