SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Kemampuan Mahasiswa Peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Malang dalam Melaksanakan Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Staniatul Masruroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Masruroh, Staniatul. 2013. Profil Kemampuan Mahasiswa Peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Malang dalam Melaksanakan Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Lia Yuliati, M.Pd,

            (II) Sujito, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pembelajaran fisika

 

Guru profesional berawal dari calon guru yang berkompeten. Pembelajaran bagi calon guru dirancang agar calon guru memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kemampuan mahasiswa fisika dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran pada saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); (2) menganalisis kesulitan yang dialami oleh mahasiswa fisika pada saat PPL; (3) mengetahui kesesuaian antara kebutuhan mahasiswa pada saat PPL dengan matakuliah yang diperolehnya ketika di perkuliahan; (4) mengetahui respon guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa PPL dalam melaksanakan pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif. Data peneliti­an berupa data yang berasal dari angket, wawancara, dan observasi yang di­deskripsi­kan. Analisis data mengacu pada model Miles and Huberman yang meliputi 4 tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan verifikasi data. Dalam penelitian ini, trianggulasi sumber data, data, teori, dan metode di­terapkan untuk mengecek keabsahan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa PPL fisika mampu merencanakan pembelajaran, yakni mampu menyusun prota dan promes, silabus, RPP, LKS, bahan ajar, instrumen penilaian, serta mampu menyediakan media pembelajaran. Mahasiswa PPL juga mampu melaksanakan pembelajaran, yakni mampu membuka pelajaran, menutup pelajaran, memanfaatkan media pembelajaran, dan menggunakan strategi pembelajaran, tetapi belum mampu dalam pengelolaan kelas, pengelolaan waktu, dan penyampaian materi. Sebagian kecil mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyusun prota dan promes, silabus, LKS, dan instrumen penilaian tetapi sebagian besar mahasiswa PPL kesulitan dalam pengelolaan kelas dan pengelolaan waktu. Secara keseluruhan, kebutuhan mahasiswa PPL fisika dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sesuai dengan matakuliah yang mereka dapat di perkuliahan. Namun, kebutuhan mahasiswa dalam pengelolaan kelas, pengelolaan waktu, dan penguasaan konsep dasar fisika mahasiswa PPL fisika perlu ditingkatkan melalui pembelajaran aktif di perkuliahan. Guru pamong memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL fisika, kedisiplinan dan tanggung jawab mahasiswa PPL terhadap tugasnya, sikap mahasiswa selama PPL, serta keberadaan mahasiswa PPL di sekolah.