SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) dalam Learning Cycle 5E (LC 5E) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang

GALUH PUSPITANINGRUM

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitaningrum, Galuh. 2012. Pengaruh Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) dalam Learning Cycle 5E (LC 5E) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Sirwadji.

 

Kata kunci: Numbered Head Together, Learning Cycle 5E, motivasi, prestasi belajar.

Berdasarkan wawancara dengan guru fisika dan observasi selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada bulan Januari-Februari di kelas VIII SMP Negeri 8 Malang didapatkan bahwa pembelajaran Fisika yang sering digunakan adalah metode ceramah dan diskusi. Akibat dari pembelajaran tersebut, siswa cepat merasa bosan dan tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga perhatian siswa pada pelajaran fisika rendah. Selain itu, siswa kurang dapat merasakan keterkaitan materi dengan kehidupan nyata (relevansi). Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar dan rendahnya prestasi belajar yang ditunjukan dengan hasil ulangan harian getaran dan gelombang, siswa yang diatas KKM hanya 10 dari 43 siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, dicoba menerapkan metode belajar berbasis konstruktivistik yaitu model Learning Cycle 5E dan model Numbered Head Together yang dipadukan menjadi model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah pengaruh penerapan model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E terhadap motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan mengukur apakah pengaruh penerapan model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), menggunakan rancangan Pretest-posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 43 siswa kelas VIII H sebagai kelas eksperimen, dan 43 siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan secara Proposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen motivasi belajar berupa angket motivasi yang terdiri 30 peryataan dan instrumen prestasi belajar berupa soal tes yang terdiri 23 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh penerapan model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E terhadap motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05 dan pengaruh penerapan model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05.