SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROFIL SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN FISIKA DASAR DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

ZULAIKAH .

Abstrak


ABSTRAK

 

Zulaikah. 2012. Profil Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Fisika Dasar di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Supriyono Koes H., M.Pd, MA, (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si.

 

Kata kunci: Fisika Dasar, Prestasi Belajar, Sikap Ilmiah.

Fisika  Dasar  merupakan  mata  kuliah  wajib  yang  merupakan  landasan  untuk mempelajari  fisika selanjutnya,  namun hasil  studi  pendahuluan  penelitian Saul et.al sebelumnya menunjukkan  bahwa  berdasarkan  laporan  dosen-dosen  fisika  banyak mahasiswa  yang menempuh matakuliah  Fisika  Dasar  yang    diselenggarakan melalui ceramah  dan  kegiatan  laboratorium  tradisional  mengalami  berbagai  kesulitan. Komponen penting dalam perkuliahan Fisika Dasar  tidak hanya prestasi belajar,  tetapi juga  sikap  ilmiah mahasiswa  dalam menempuh mata  kuliah  tersebut,  karena  dengan sikap  ilmiah  yang positif, mahasiswa  akan  cenderung untuk belajar  lebih baik. Selain itu, hal-hal  penting dalam  perkuliahan adalah kegiatan  perkuliahan  dan fasilitas akademis yang diberikan dosen. Oleh karena  itu diperlukan adanya penelitian  terhadap karakteristik kegiatan perkuliahan, fasilitas akademis yang diberikan pada mahasiswa, profil  sikap  ilmiah  dan  prestasi  belajar mahasiswa Universitas Negeri Malang  dalam perkuliahan Fisika Dasar.

Penelitian  ini menggunakan  rancangan  penelitian  deskriptif  kuantitatif  dengan menggunakan  metode  tes  prestasi  belajar,  pengisian  skala  sikap  ilmiah,  wawancara dosen  dan  mahasiswa,  dan  observasi  kegiatan  perkuliahan  Fisika  Dasar.  Data  hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  pelaksanaan  perkuliahan  Fisika  Dasar  di  UM dilaksanakan dengan  tepat, bantuan-bantuan yang diberikan dosen meliputi bimbingan diluar  perkuliahan oleh  dosen  sendiri  dan  kegiatan  tutorial  oleh  asisten  dosen.  Profil sikap ilmiah mahasiswa UM dalam perkuliahan Fisika Dasar sudah tinggi, yaitu dengan skor  rata-rata 61,6 atau 77,0%. Prestasi belajar Fisika Dasar mahasiswa masih  rendah, skor  rata-rata 9,4 atau  dengan  persentase  sebesar 55,2%.  Pencapaian  skor  prestasi belajar  topik  listrik  statis  (48,1%),  topik  listrik dinamis  (70,9%),  topik medan magnet (78,5%),  topik  induksi  elektomagnetik  (55,4%),  topik persamaan  gelombang  (46,2%), topik optik fisis (48,1,0%), dan topik optik geometri (47,7%).

Skor  prestasi  yang  rendah  menunjukkan  bahwa  mahasiswa  masih  mengalami kesulitan  belajar  dan  didukung  dari  hasil wawancara  terhadap  dosen  dan mahasiswa. Semua mahasiswa yang diwawancara menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan belajar Fisika Dasar. Semua dosen yang diwawancarai juga menyatakan hal yang sama dengan  persentase  bervariasi.  Pelaksanaan  perkuliahan  Fisika  Dasar  yang  tepat  dan sikap  ilmiah mahasiswa baik masih belum berdampak positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Bantuan akademis dengan berbagai cara untuk mengurangi kesulitan belajar mahasiswa  yang  secara  umum  dilaksanakan  di  luar  jam  kuliah  juga  belum  bisa mengatasi kesulitan belajar mahasiswa, dengan kata  lain perkuliahan yang sudah  tepat masih belum  mampu  menjembatani  prestasi  belajar  mahasiswa  menuju  pemahaman Fisika  Dasar  yang  mantap.  Oleh  karena  itu  diperlukan  bantuan,  pendampingan  dan dukungan yang diintegrasikan kedalam kegiatan perkuliahan.i