SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Fisika Dasar Mahasiswa Jurusan Fisika di Universitas Negeri Surabaya

Rudy Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Rudy. 2012. Profil Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Fisika Dasar Mahasiswa Jurusan Fisika di Universitas Negeri Surabaya. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Supriyono Koes H., M.Pd, M.A, (II) Drs. Eddy Supramono.

 

Kata Kunci: perkuliahan fisika dasar, sikap ilmiah, prestasi belajar

Pemahaman konsep fisika yang baik sangat dibutuhkan oleh mahasiswa jurusan fisika maupun mahasiswa jurusan lain yang membutuhkan pemahaman fisika. Mahasiswa dapat mempelajari konsep fisika secara umum pada mata kuliah fisika dasar. Mata kuliah fisika dasar dapat digunakan sebagai penguatan materi fisika yang diperoleh mahasiswa ketika mereka duduk di bangku SMA. Ketika mempelajari fisika dasar, tidak semua mahasiswa berhasil. Hasil belajar fisika tidak hanya prestasi belajar saja, tetapi juga membentuk sikap ilmiah. Sikap ilmiah memiliki arti penting dalam belajar sains karena sebagian besar perbuatan yang dipilih oleh seseorang dipengaruhi oleh sikap yang diambilnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan fisika dasar di UNESA, jenis bantuan belajar yang diberikan oleh dosen pada perkuliahan fisika dasar, prestasi belajar, dan sikap ilmiah mahasiswa UNESA pada perkuliahan fisika dasar.

Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah seluruh mahasiswa UNESA yang menempuh mata kuliah fisika dasar pada tahun 2011. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode yang digunakan adalah observasi perkuliahan, tes prestasi belajar, inventori sikap ilmiah, dan wawancara dengan dosen dan mahasiswa. Tes prestasi belajar terdiri dari 17 soal pilihan ganda dengan reliabilitas 0,738. Inventori sikap ilmiah terdiri dari 16 pernyataan dengan reliabilitas 0,724.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perkuliahan fisika dasar di UNESA sudah baik, jenis bantuan yang paling banyak diberikan oleh dosen adalah membuka ruang diskusi dengan mahasiswa baik di dalam maupun di luar kelas, prestasi belajar mahasiswa masih belum dapat dikatakan baik, dan sikap ilmiah mahasiswa peserta perkuliahan fisika dasar sudah tinggi.