SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII

Julia .jul_yez@yahoo.co.id ulfiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Julia Ulfiyah. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII. Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Haryoto, M. Pd.  (II) Drs. Purbo Suwasono, M. Si.

 

Kata Kunci : bahan ajar, kontekstual, wujud zat dan perubahannya.

Dalam mengajarkan mata pelajaran fisika diharapkan dapat memotivasi siswa dan menciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa tidak jenuh, sehingga siswa dapat menerima pelajaran dengan baik. Proses pembelajaran dengan kondisi yang menyenangkan dan santai akan membantu siswa menyerap materi pelajaran dengan baik. Pembahasan mengenai materi pelajaran tidak bisa terlepas dari yang namanya bahan ajar. Salah satu perangkat pembelajaran yang penting untuk menunjang kesuksesan belajar siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah adalah bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran hendaknya disusun sedemikian rupa sehingga bahan ajar tersebut tidak hanya memberikan materi secara instan tetapi mampu menggiring siswa kepada kemampuan untuk mengerti konsep yang dipelajari yang pada akhirnya menjadikan belajar siswa menjadi bermakna. Berdasarkan uraian tersebut maka dikembangkan bahan ajar fisika berbasis kontekstual pada materi wujud zat dan perubahannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis kontekstual pada materi wujud zat dan perubahannya untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII agar mempermudah siswa dalam mempelajari konsep wujud zat dan perubahnnya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian & pengembangan dengan langkah-langkah meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba lapangan awal dan revisi produk. Penelitian ini menggunakan teknik validasi isi yang dilakukan oleh validator yang berasal dari pihak dosen dan guru sebagai ahli serta dilakukan uji coba awal terhadap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan Skala Likert dan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator.

Produk akhir penelitian ini adalah bahan ajar fisika berbasis kontekstual pada materu wujud zat dan perubahannya. Berdasarkan hasil analisis data, produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak dan sudah direvisi pada beberapa bagian berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan ajar yang lain, diantaranya: setiap awal materi diawali pembahasan yang memotivasi belajar siswa dan pertanyaan-pertanyaan sederhana, setiap pembahasan diperjelas dengan gambar, pembahasannya sederhana dan mudah dimengerti siswa, terdapat jelajah internet dan peta konsep serta desain isi lebih menarik dan full colour.