SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penerapan Pendekatan Kerja Laboratorium Tipe Induktif Dalam Model Pembelajaran The 5-E Learning Cycle Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang

DINA DWI ANGGRAINI

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Dina, Dwi. 2012. Efektivitas Penerapan Pendekatan Kerja Laboratorium Tipe Induktif Dalam Model Pembelajaran The 5-E Learning Cycle Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd, (II) Drs. Asim, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pendekatan Kerja Laboratorium, The 5-E Learning Cycle, Prestasi Belajar Fisika

Banyaknya siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang yang tidak mencapai KKM pada mata pelajaran fisika yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional melatar belakangi dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan penerapan pendekatan kerja laboratorium tipe induktif dalam model pembelajaran The 5-E Learning Cycle terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental semu (Quasi Experimental Design) dengan pola Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument pengukuran melalui test, yaitu pretest dan posttest. Instrumen test di uji tingkat kesukaran, daya beda butir soal menggunakan tabel Rose dan Stanley, validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas menggunakan teknik belah dua (split half).

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prestasi belajar fisika siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan pendekatan kerja laboratorium tipe induktif dalam model pembelajaran The 5-E Learning Cycle lebih tinggi disbanding prestasi belajar fisika siswa kelas kontrol yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Hasil ini ditunjukkan oleh Uji-t (independent t test) yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows Evaluation Version. Uji-t menghasilkan t hitung = 6,629 dan t tabel = 1,673 dengan df = 57 dan  = 0,05, sehingga t hitung > t tabel. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran yang diterapkan pendekatan kerja laboratorium tipe induktif dalam model pembelajaran The 5-E Learning Cycle lebih efektif dibanding dengan pembelajaran dengan metode konvensional.