SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Bahan Ajar Cad 2 Dimensi Pada Mata Kuliah CAD/CAM Berbasis Multimedia di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang

Anang Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK
Wicaksono, Anang. 2008. Perancangan Bahan Ajar Cad 2 Dimensi Pada Mata
Kuliah CAD/CAM Berbasis Multimedia di Jurusan Teknik Mesin
Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Widiyanti, M.Pd.,
(2) Suprayitno, S.T., M.T.
Kata kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, cad 2 dimensi.
Universitas Negeri Malang adalah sebuah lembaga pendidikan yang
bertujuan mencetak tenaga pendidik yang kompeten. Fakultas Teknik UM adalah
salah satu fakultas yang ada di Universitas Negeri Malang, memiliki program
studi keguruan bertujuan untuk mencetak tenaga pengajar dibidang teknik.
Terdapat beberapa jurusan yang dikembangkan yaitu; Teknik Mesin, Teknik
Elektro, Teknik Sipil, dan Teknologi Industri. Mata kuliah CAD/CAM merupakan
salah satu mata kuliah yang wajib dikuasai dan ditempuh oleh mahasiswa teknik,
terutama mahasiswa teknik mesin, baik itu mahasiswa Program Studi Pendidikan
Teknik Mesin maupun Diploma 3 Teknik Mesin. Dalam praktikum matakuliah
CAD/CAM, peserta didik pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang hanya mempunyai waktu yang singkat yaitu 2 minggu
untuk menempuh matakuliah CAD/CAM ini, itupun dilakukan dengan sistim
blok, jadi setiap hari mereka selalu mendapatkan materi baru untuk mengejar
penyampaian materi sampai memenuhi kompetensi. Padahal penguasaan dan
pemahanman materi tidak cukup dengan waktu 2 minggu. Jadi waktu mereka
untuk benar-benar menguasai materi-materi CAD sangat kurang, akibatnya pada
pertemuan selanjutnya masih banyak yang bertanya pada pembimbing tentang
materi yang sebelumnya, akhirnya pembimbing mengulang kembali materinya,
hal inilah yang menghambat penyampaian materi pada matakuliah CAD/CAM
dan akhirnya banyak materi yang dipersingkat supaya memenuhi kompetensi yang
menyebabkan peserta didik tidak dapat benar-benar menguasai matakuliah ini dan
mendapatkan nilai rata-rata, sehingga diharapkan hasil software ini dapat
dipelajari sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain di luar perkuliahan, maka
mahasiswa berpeluang besar untuk meningkatkan kemampuan yang berindikasi
pada ketrampilan dalam CAD/CAM yang imbasnya pada nilai
Model pengembangan yang digunakan dalam proyek ini mengacu pada
sistematika metode pengajaran CAD/CAM secara umum dan dipadukan dengan
sistematika pengembangan produk multimedia, selain itu perancang produk
multimedia interaktif ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey yang
menggariskan langkah-langkah pengembangan produk secara sistematik. Produk
multimedia interaktif ini perlu diuji coba kelayakannya sebagai salah satu bahan
ajar yang sesuai dengan kebutuhan Teknik Mesin dalam proses pengajaran
matakuliah menggambar komputer. Uji coba dilakukan dengan meminta masukan
dari (1) ahli materi, (2) ahli media pembelajaran, (3) dan uji coba kelompok kecil.
Kegiatan uji coba telah mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa
secara umum produk dapat dikatakan sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Pada
uji isi materi didapat nilai kelayakan produk BAIK, untuk uji tampilan multimedia
dan desain pembelajaran oleh ahli media pembelajaran nilai kelayakan CUKUP
BAIK, sedangkan untuk uji coba media pada kelompok kecil mendapatkan nilai
kelayakan BAIK. Produk multimedia pembelajaran yang dihasilkan dibuat untuk
kebutuhan pengguna saat ini, dalam pemanfaatannya lebih lanjut perlu diadakan
revisi berupa penyesuaian kebutuhan pengguna dimasa yang akan datang. Saran
dalam pengembangan produk lebih lanjut dapat dilengkapi dengan bahan-bahan
yang dianggap dapat memberikan wawasan lebih kepada pengguna dan lebih
mengaktifkan peran pebelajar (mahasiswa).