SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Singosari

yeni saraswati

Abstrak


ABSTRAK
Saraswati, Yeni. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student
Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Minat Belajar
Fisika dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Singosari.
Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing:
(I) Dr. H. Wartono, M.Pd, (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, model Student Facilitator and Explaining
(SFAE), minat belajar, prestasi belajar.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan pada
guru bidang studi fisika yang mengajar di kelas VIII B SMP Negeri 1 Singosari
peneliti mendapat informasi bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII B masih
rendah, hal ini didasarkan pada hasil ulangan harian pada bab bunyi pada semester
2 nilai rata-rata kelas VIII B menunjukkan nilai yang masih rendah yakni sebesar
66. Peneliti juga mendapatkan informasi bahwa minat belajar siswa masih relatif
rendah, hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan oleh guru bidang
studi fisika dalam pembelajaran terlihat bahwa guru masih menggunakan metode
ceramah, metode ini memebentuk siswa menjadi pasif. Pada saat proses belajar
mengajar siswa tampak bosan dan sering tidak memeperhatikan guru.Upaya yang
dilakukan untuk mengatasi masalah tesebut yaitu dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif model student facilitator and explaining.
Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran kooperatif
model student facilitator and explaining (SFAE), meningkatkan minat belajar
fisika, dan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas dalam
penelitian ini adalah penelitian untuk memecahkan beberapa masalah yang ada
dalam kelas yang diteliti dengan memberikan tindakan berupa model student
facilitator and explaining yang terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini
siswa kelas VIII B yang berjumlah 36 siswa. Alat pengumpul data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes pada akhir tiap
siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar fisika siswa kelas VIII
B mengalami peningkatan nilai rata-rata yang cukup baik yaitu pada siklus I
sebesar 74, pada siklus II meningkat menjadi 89. Peningkatan nilai rata-rata
prestasi belajar siswa sebelum diberi tindakan sebesar 66, pada siklus I meningkat
sebesar 76, pada siklus II meningkat sebesar 87.
Keterlaksanaan pembelajaran model student facilitator and explaining
(SFAE) pada siklus I mencapai prosentase sebesar 73% dan pada siklus II
meningkat sebesar 91%.