SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH INVESTASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DALAM SUB SEKTOR INDUSTRI MANUFAKTUR BESAR DAN SEDANG DI KOTA MALANG TAHUN 1998-2008

Nur Mariatul Kifayah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kifayah, Nur Mariatul. 2010. Pengaruh Investasi Dan Pertumbuhan Ekonomi Sektor Industri Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Dalam Sub Sektor Industri Manufaktur Besar Dan Sedang Di Kota Malang Tahun 1998-2008. Skripsi, Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agung Haryono, SE, MP, Ak (2) Dra. Lisa Rokhmani, Msi.

 

Kata Kunci: Penyerapan Tenaga Kerja, Investasi, Pertumbuhan Ekonomi.

 

Persoalan pokok yang dihadapi Indonesia dalam bidang ketenagakerjaan adalah kelebihan tenaga kerja serta kecilnya kesempatan kerja yang tercipta pada setiap sektor sehingga terjadi pengangguran. Investasi merupakan faktor penting dalam menciptakan lapangan kerja yang pada gilirannya akan mengurangi pengangguran. Dengan demikian terjadi penambahan output dan pendapatan baru pada faktor produksi tersebut yang akan menciptakan keberhasilan pertumbuhan ekonomi sehingga meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pengaruh investasi terhadap penyerapan tenaga kerja dalam sub sektor industri manufaktur besar dan sedang di Kota Malang. 2) Mendeskripsikan pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap penyerapan tenaga kerja dalam sub sektor industri manufaktur besar dan sedang di Kota Malang. 3) Mendeskripsikan pengaruh variabel investasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap penyerapan tenaga kerja dalam sub sektor industri manufaktur besar dan sedang di Kota Malang. 4) Mendeskripsikan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap penyerapan tenaga kerja dalam sub sektor industri manufaktur besar dan sedang di Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif yaitu menjelaskan bagaimana atau adakah pengaruh investasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap penyerapan tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan data time series tahun 1998-2008. Seluruh data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari BPS Kota Malang dan DISPERINDAG Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yaitu teknik atau proses untuk memperoleh data dengan jalan mengumpulkan, mencatat, merekam data-data yang telah dipublikasikan oleh instansi-instansi terkait. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan alat analisis yang digunakan, maka peneliti telah memperoleh hasil bahwa secara parsial, investasi berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dengan nilai thitung>ttabel yaitu 9,837>2,024 begitu juga pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dengan nilai thitung>ttabel yaitu 3,593>2,024. Selain itu, investasi dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh secara simultan terhadap penyerapan tenaga kerja dengan nilai Fhitung >Ftabel yaitu 50,941>5,25 sehingga dari hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel dominan berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja adalah investasi dengan nilai  thitung>ttabel  lebih besar dibandingkan pertumbuhan ekonomi.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan variabel investasi dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Sedangkan variabel investasi berpengaruh dominan terhadap penyerapan tenaga kerja dengan nilai thitung (9,837) lebih besar dari ttabel (2,024).

Saran dari peneliti untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja yang terserap pada sektor industri yang ada di Kota Malang sebagai berikut : Pemerintah lebih mempermudah pinjaman modal dengan bunga ringan ; Perusahaan lebih meningkatkan kualitas tenaga kerja dan potensi investasi ; Diharapkan untuk penelitian selanjutnya mampu memperoleh data dengan periode penelitian yang lebih banyak dan lebih luas dengan memasukan variabel penjelas lain.