SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN KEDAI KOPI DI KOTA MALANG (Studi kasus: Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

Bagus Prasetyo

Abstrak


RINGKASAN

Prasetyo, Bagus. 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Kedai Kopi di Kota Malang (Studi kasus: Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Skripsi Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nasikh, S.E., M.P., M.Pd.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Saat ini usaha kedai kopi menjadi usaha yang menjanjikan. Kedai kopi sangat beragam, dari kedai kopi yang terkesan eksklusif hingga kedai kopi yang standar. Kebiasaan minum kopi bagi masyarakat Indonesia telah menjadi sebuah gaya hidup di masyarakat. Banyaknya pilihan tempat minum kopi di Malang membuat konsumen memilih  banyak pertimbangan untuk menikmati kopi di kedai kopi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Setunggal Coffee, kayon Coffee, Kopi Jelata, dan Kedai Si Boy,

(2) kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Setunggal Coffee, Kayon Coffee, Kopi Jelata, dan Kedai Si Boy, dan

(3) pengaruh kualitas produk, kualitas dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen Setunggal Coffee, kayon Coffee, Kopi Jelata, dan Kedai Si Boy. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode survey dengan alat bantu koesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Setunggal Coffee, kayon Coffee, Kopi Jelata, dan Kedai Si Boy.. Sampel penelitian ini adalah konsumen Setunggal Coffee, kayon Coffee, Kopi Jelata, dan Kedai Si Boy di kota Malang yang berjumlah 60 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menemukan bahwa

(1) kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen,

(2) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen,

(3) kualitas produk dan  kualitas pelayanan positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.