SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Keunggulan Bersaing Bisnis Koperasi Syariah Berbentuk Ritel Minimarket dengan Waralaba (Studi Kasus Minimarket Toko Basmalah dan Indomaret di Glenmore, Banyuwangi)

Amrullah Arif

Abstrak


ABSTRAK

Amrullah, Arif. 2019.  Analisis Keunggulan Bersaing Bisnis Koperasi Syariah Berbentuk Ritel Minimarket dengan Waralaba (Studi Kasus Minimarket Toko Basmalah dan Indomaret di Glenmore, Banyuwangi). Skripsi, Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Eknomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Sumanto, S.E., M.SA

Kata Kunci: Keunggulan Bersaing, Waralaba, Koperasi Syariah, Persaingan Bisnis

Toko Basmalah dan Indomaret di Kecamatan Glenmore memiliki keunggulan bersaing yang berbeda, hal itu diperoleh dari karakteristik dan sumber daya kedua minimarket. Keduanya juga dianggap mendominasi pasar modern di Kecamatan Glenmore. Namun dalam kesehariannya konsumen lebih memilih minimarket Indomaret ketimbang Toko Basmalah dalam memenuhi kebutuhannya. Rasio konsumen dan hasil penjualan yang lebih banyak di Indomaret dari pada Toko Basmalah menimbulkan pertanyaan bagaimana perbandingan keunggulan bersaing kedua minimarket tersebut dan penerapannya dalam persaingan usaha.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keunggulan bersaing minimarket Toko Basmalah dan Indomaret di kecamatan Glenmore dan penerapannya dalam persaingan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada para konsumen minimarket Toko Basmalah dan Indomaret, dan pengurus minimarket. Observasi nonpartisipatif, dan dokumentasi berupa foto serta dokumen yang mendukung penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Toko Basmalah dan Indomaret di Kecamatan Glenmore memiliki keunggulan bersaing masing-masing sesuai karakteristik dan sumberdaya internal minimarket. Toko Basmalah di Glenmore lebih unggul dalam segi harga, lokasi, dan pelayanan. Namun memiliki kelemahan berupa kelengkapan produk dan promo yang dilakukan. Indomaret di Glenmore sendiri lebih unggul dalam segi produk, reputasi, dan promosi. Serta memiliki kelemahan yaitu perbedaan harga pada display dan harga yang lebih mahal dari minimarket lainnya. Keunggulan yang dimiliki mampu membuat Toko Basmalah dapat bersaing dengan Indomaret. Meskipun kurangnya kelengkapan produk dan promo yang kurang intens, namun kelemahan tersebut ditutupi dengan lokasi yang lebih strategis, harga yang lebih terjangkau, dan pelayanan yang lebih ramah. Keunggulan yang dimiliki juga mampu membuat Indomaret di Glenmore menjadi market leader antara Toko Basmalah maupun minimarket lainnya. Meskipun dengan harga yang lebih tinggi dari minimarket lainnya, namun hal tersebut ditutupi dengan reputasi yang baik dan juga promosi yang intens.