SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PEMANFAATAN MATA AIR KALIRECO KELURAHAN KALIREJO (DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT RW 08 KECAMATAN LAWANG)

Al Machroja Bladra Farosta

Abstrak


Al Machroja, Bladra Farosta. 2019.  Analisis Pemanfaatan Mata Air Kalireco (Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat RW 08 Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sugeng Hadi Utomo, M.S.

Kata kunci: mata air Kalireco, pemanfaatan, kesejahteraan masyarakat.

Selain untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, mata air juga bisa dimanfaatkan atau di kelola dalam meningkatkan perekonomian masyarakat guna untuk kesejahteraan masyarakat daerah tersebut. Air sendiri dimanfaatkan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Pemanfaatan mata air Kalireco yang dilakukan oleh warga RW 08 Kelurahan Kalirejo merupakan salah satu bentuk penerapan inisiatif yang positif. Pemanfaatan mata air Kalireco ini merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemanfaatan dari pemanfaatan mata air Kalireco dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di RW 08. Melalui adanya pemanfaatan mata air Kalireco selama ini apa dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat atau tidak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan lokasi penelitian di RW 08 Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang dengan melakukan wawancara terhadap koordinator pengelola mata air Kalireco dan masyarakat RW 08. Tahapan yang dilakukan oleh peneliti sebelum penelitian yaitu melakukan wawancara kepada ketua kordinator pengelola mata air Kalireco sekaligus ketua RW 08, masyarakat RW 08 kemudian melakukan penyebaran angket kesejahteraan kepada masyarakat RW 08 Kelurahan Kalirejo. Saat melakukan penyebaran angket kesejahteraan juga melakukan observasi dan wawancara dengan subyek penelitian. Hasil kuesioner akan sesuai dengan perhitungan BPS setiap indikator.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pemanfaatan mata air Kalireco menghasilkan kemanfaatan yang cukup banyak dan positif bagi warga RW 08 walaupun masih dikatakan kurang optimal. Hal ini dikarenakan air masih banyak digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat. Dari hasil angket BPS tingkat kesejahteraan menunjukkan bahwa pemanfaatan mata air Kalireco berdampak pada tingkat kesejahteraan pada masyarakat RW 08, dimana sebanyak 33% yang mengalami perubahan tingkat kesejahteraan dari sedang menjadi tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kemanfaatan mata air Kalireco dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat RW 08.