SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor Produksi dan Pendapatan Petani Usahatani Jagung Pola Kemitraan dan Non Kemitraan (Kasus Desa Kidangbang Kecamatan Wajak Kabupaten Malang)

Yayan Udianto

Abstrak


Tujuan penelitian adalah

(1) mengetahui pengaruh faktor produksi : luas lahan, benih, tenaga kerja, dan saprotan terhadap produksi usahatani jagung pada  petani kemitraan dan non kemitraan; dan

(2) mengetahui pendapatan petani jagung kemitraan jika dibandingkan dengan pendapatan jagung non kemitraan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survei pada Juni 2019 di Desa Kidangbang Kecamatan Wajak  yang merupakan salah satu daerah sentra produksi jagung di Kabupaten Malang Jawa Timur. Pengambilan sampel  dilakukan secara purposive dan jumlah petani sampel sebanyak 40 petani jagung kemitraan dan 40 petani jagung non kemitraan. Model analisis yang digunakan :

(1) hubungan masukan dengan produksi dianalisis melalui model fungsi produksi Cobb-Douglass, dan

(2) tingkat pendapatan petani jagung kemitraan dan non kemitraan dianalisis menggunakan analisis  R/C ratio.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis faktor produksi luas lahan, benih, dan saprotan kuantitas penggunaannya berpengaruh terhadap produksi  jagung  pola kemitraan. Pada pola ini, penambahan kuantitas luas lahan dan benih dapat meningkatkan produksi jagung, sedangkan faktor produksi saprotan harus ditinjau kembali alokasinya. Pada usahatani jagung pola non kemitraan  hanya jenis faktor produksi luas lahan dan saprotan yang berpengaruh terhadap produksi, sehingga penambahan kedua faktor produksi tersebut   dapat pula meningkatkan produksi jagung.  Pendapatan petani usahatani jagung kemitraan dibanding pendapatan petani usahatani jagung non kemitraan menunjukkan bahwa pendapatan petani  pola kemitraan lebih tinggi sebesar 53%  dibanding pendapatan pola non kemitraan.