SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh pengelolaan uang saku dan respon pada iklan terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Turen Tahun Ajaran 2018/2019

mohamad rif'an

Abstrak


RINGKASAN

Rif’an, Mohamad. 2019. Pengaruh Pengelolaan Uang Saku dan Respon pada Iklan Terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi siswa kelas X IPS SMA NEGERI 1 TUREN Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Haryono S.E.,MP.,Ak

Kata Kunci: Pengelolaan Uang Saku, Respon Pada Iklan dan Rasionalitas Perilaku Konsumsi

Perkembangan zaman membawa banyak perubahan salah satunya pada kegiatan ekonomi dalam kehidupan yang dimana rasionalitas perilaku konsumsi dan untuk saat ini fenomena banyak terjadi dalam  kegiatan ekonomi siswa tidak menggunakan pikiran rasionalitasnya yang hanya mengikuti trend mode tanpa mempertimbangkan kebutuhan atau keinginan. Rasionalitas perilaku konsumsi di pengaruhi oleh beberapa faktor yang diteliti itu pengelolaan uang saku dan respon pada iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh pengelolaan uang saku dan respon pada iklan siswa kelas X IPS SMA NEGERI 1 Turen Tahun Ajaran 2018/2019 secara persial maupun simultan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi penelitiasn ini siswa kelas X Ips SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah sampel 105 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus cocharn dan teknik pengambilan yaitu random sampling. Pengumpulan data mmenggunakan angket. Untuk menguji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan realibiltas. Analisis data ini menggunakan teknik analisis regeresi linier berganda.

Hasil menunjukkan

(1) pengelolaan uang saku berpengaruh terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa kelas X Ips SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2018/2019 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000

(2) respon pada iklan berpengaruh terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa kelas X Ips SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2018/2019 dengan nilai signifikansi sebesar 0.008

(3) pengelolaan uang saku dan respon pada iklan berpengaruh terhadap rasionalitas perilaku konsumsi kelas X Ips SMA Negeri 1 Turen 2018/2019 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000.

Saran ditujukan kepada

(1) Bagi para pendidik diharapkan memberikan pengerahan tentang cara pengelolaan keuangan yang baik serta menanamkan sikap hemat dan gemar menabung pada siswa supaya ketika mengambil keputusan lebih rasional, dan berhati-hati

(2) Bagi Orangtua lebih mengerti porsi kebutuhan siswa sehingga memberikan uang saku dengan kebutuhannya agar tidak menimbulkan perilaku konsumtif.

(3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan topik yang sama, sebaiknya menambah atau meninjau variabel lain yang mempengaruhi rasionalitas perilaku konsumsi.