SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata pemancingan sumber complang desa pranggang kecamatan plosoklaten kabupaten kediri

safitri puji

Abstrak


RINGKASAN

Safitri, puji. 2019. AnalisispartisipasimasyarakatdalampengembanganwisatapemancingansumbercomplangDesa Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:Dr. Grisvia Agustin,S.E.,M.Sc.

Kata Kunci: pengembangan wisata, partisipasi masyarakat, dampak ekonomi kepada masyarakat

Kabupaten Kediri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kabupaten Kediri sedang gencar dalam mengembangkan potensi alam maupun potensi lainnya yang ada disetiap daerah.Langkah yang ditempuh dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten kediri salah satunya adalah menggandeng camat, yaitu dengan membangun koordinasi dengan camat untuk mengetahui potensi yang dimiliki setiap daerah. Salah satunya   di desa Pranggang kecamatan Plosoklaten.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Kondisi masyarakat Desa Pranggang secara umum

(2) partisipasi masyarakat Dusun Pranggang Barat dalam pengembangan wisata pemancingan Sumber Complang,

(3) Dampak pengembangan wisata pemancingan Sumber Complang terhadap perekonomian masyarakat.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  studi kasus dengan bentuk studi kasus eksploratif.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Data primer darihasilobservasi, wawancara, dokumentasi dan data sekunder didapat dari buku, jurnal dan data dari balai desa. Analisis yang digunakan oleh peneliti adalah tangga partisipasi masyarakat menurut arnstein (1969) dengan mengukur derajat partisipasinya berdasarkan 8 tangga partisipasi masyarakat.

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (Berdasarkan hasil wawancara dari  narasumber dan analisis data dengan menggunakan delapan indikator derajat partisipasi, menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakatdusun Pranggang Barat dalam pengembangan wisata pemancingan Sumber Complang masih pada tangga menyampaikan informasi pada derajat tokenisme.Pengembangan wisata pemancingan Sumber Complang memiliki dampak pada perekonomian masyarakat sekitar, dapat meningkat pendapatan masyarakat karena mereka memiliki inisiatif untuk mendirikan usaha, dan mengurangi pengangguran.