SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengelolaan Uang Saku, Konformitas Teman Sebaya, Pengendalian Diri, dan Pengetahuan Dasar Ekonomi terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Pare

Pertiwi Niken Indah Ratna

Abstrak


ABSTRAK

Pertiwi, Niken Indah Ratna. 2019.  Pengaruh Pengelolaan Uang Saku, Konformitas Teman Sebaya, Pengendalian Diri, dan Pengetahuan Dasar Ekonomi terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Pare. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si

Kata kunci : Pengelolaan uang saku, konformitas teman sebaya, pengendalian diri, pengetahuan dasar ekonomi, dan rasionalitas perilaku konsumsi.

Manusia dan ekonomi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Manusia harus tetap memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak seimbang dengan sumber daya yang tersedia, jadi mereka harus bersikap rasional dalam melakukan kegiatan ekonomi, terutama dalam melakukan konsumsi. Apalagi di era globalisasi sekarang, dimana kegiatan perdagangan memberi kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan konsumsi yang bisa membuat masyarakat terutama remaja menjadi konsumtif.

Kecenderungan perilaku konsumtif tersebut dapat dipengaruhi oleh seberapa besar siswa mendapatkan pendapatan. Selain itu, remaja pada saat ini cenderung lebih suka untuk ikut-ikutan teman sebayanya, hal tersebut menyebabkan remaja akan bertindak seperti apa yang dilakukan oleh temannya yang dapat menyebabkan remaja menjadi irasional dalam melakukan konsumsi. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengendalian diri yang baik agar terhindar dari sikap irasional. Selain pengendalian diri, siswa juga membutuhkan pengetahuan dasar ekonomi agar siswa dapat mengambil keputusan berkonsumsi individu yang lebih rasional. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan uang saku, konformitas teman sebaya, pengendalian diri, dan pengetahuan dasar ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Pare secara parsial maupun simultan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ekplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI IIS SMAN 1 Pare dengan jumlah sampel sebesar 103 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik sampel proportional random sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan tes tertulis. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16 for Windows.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan uang saku terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Pare.

(2) Konformitas teman sebaya memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Pare.

(3) Pengendalian diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap rasionalitas perilaku konsumsi kelas XI IIS SMAN 1 Pare.

(4) Pengetahuan dasar ekonomi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Pare.

(5) Pengelolaan uang saku, konformitas teman sebaya, pengendalian diri, dan pengetahuan dasar ekonomi memiliki pengaruh terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Pare secara simultan.