SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis pengembangan Ekonomi Kreatif pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Batu

Yosika Intan Dewi

Abstrak


RINGKASAN

Dewi, Intan Yosika. 2019. Analisis Perkembangan Ekonomi Kreatif pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Batu. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Sumanto, S.E., M.M.

Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, UMKM, Analisis SWOT

Ekonomi kreatif merupakan program pemerintah yang direncanakan sejak tahun 2009. Ekonomi kreatif relatif masih baru, tetapi ekonomi kreatif telah menujukkan kontribusi yang signifikan dalam perekonomian daerah. Pengembangan ekonomi kreatif harus menjadi kekuatan baru untuk Kota Batu. Ekonomi kreatif dapat dikembangkan salah satunya melalui pemberdayaan UMKM. Kota Batu memiliki UMKM yang cukup besar. Berdasarkan data Pemkot Batu 2016, pemilik UMKM sebanyak 14 ribu, namun hanya 75% atau sekitar 10.500 yang aktif, sedangkan sisanya atau sekitar 3.500 UMKM sudah tidak menjalankan operasi.

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan ekonomi kreatif pada UMKM di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi kreatif berkembang sangat baik sekitar Malang Raya, program-program yang di rencanakan oleh pemerintah lebih terkonsep. Untuk ekonomi kreatif di Kota Batu sudah mulai diterapkan, dengan membentuk komunitas kreatif pengusaha-pengusaha UMKM. Perkembangan ekonomi kreatif pada UMKM Kota Batu dilakukan dengan cara mempertahankan produk dengan kualitas baik, mengembangkan inovasi produk, mengembangkan teknologi produksi dan memaksimalkan pemasaran dengan media online.