SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengembangan Ekonomi Lokal sebagai Upaya Pengembangan Pariwisata Lokal di Kabupaten Malang (Studi Kasus pada Wisata Cafe Sawah Desa Pujon Kidul)”

Wintang Jalu Ramadhan

Abstrak


ABSTRAK

Ramadhan, Jalu Wintang. 2019. Analisis Pengembangan Ekonomi Lokal sebagai Upaya Pengembangan Pariwisata Lokal di Kabupaten Malang (Studi Kasus pada Wisata Cafe Sawah Desa Pujon Kidul)”. Skripsi, Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

Kata Kunci: pengembangan ekonomi lokal, heksagonal PEL, wisata cafe sawah

Wisata Cafe Sawah Desa Pujon Kidul merupakan wisata yang berada di Kabupaten Malang yang memadukan wisata dengan konsep alam. Selain itu, wisata ini juga menawarkan banyak spot-spot foto yang menarik dan instagrammable yang telah menjadikan wisata ini mempunyai keunggulan serta potensi yang besar untuk menarik jumlah wisatawan selain keunggulan dari suasana alam yang ditonjolkan pada wisata tersebut. Peneliti berpendapat bahwa apabila potensi-potensi yang ada di obyek Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul ini dapat digali dan dikembangkan lagi, maka obyek wisata dapat lebih berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar yang ada di Desa Pujon Kidul dengan tanpa merusak kawasan tersebut. Oleh karena itu, pada penelitian ini digunakan pendekatan konsep pengembangan ekonomi lokal pada wisata Cafe Sawah Pujon Kidul akan memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi baik atau buruk dan penyebab dari kondisi yang dinyatakan baik atau buruk tersebut serta indikator yang perlu untuk diperbaiki melalui enam aspek yang disebut heksagonal PEL.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan alat analisis aspek Heksagonal PEL melalui program aplikasi RALED (Rapid Assesment Technique for Local Economic Development). Populasi pada penelitian ini adalah pengelola wisata cafe sawah di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon. Adapun pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling atau secara sengaja. Data yang dipakai untuk analisis pada penelitian ini adalah persepsi dari pengelola wisata Cafe Sawah Desa Pujon Kidul yang diambil melalui kuesioner. Data ini selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Rapid Assesment Techniques for Local Economic Development (RALED).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ke-enam aspek heksagonal PEL di Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul yang terdiri dari aspek kelompok sasaran, aspek faktor lokasi, aspek kesinergian dan fokus kebijakan, aspek pebangunan berkelanjutan, aspek tata pemerintahan, dan aspek proses manajemen termasuk dalam kategori/kondisi yang baik. Akan tetapi berdasarkan rincian nilai dari beberapa aspek PEL di Wisata Cafe Sawah masih perlu mendapat perhatian yang serius dari semua pemangku kepentingan/stakeholder di masa mendatang, sehingga beberapa aspek dimensi PEL tersebut dapat ditingkatkan dalam upaya meningkatkan pengembangan ekonomi lokal (PEL) di Kabupaten Malang.