SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh CAR, ROA, dan FDR Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2013-2017

Wardani Ajeng Maita Wira

Abstrak


RINGKASAN

Wardani, Ajeng Maita Wira. 2019.  Pengaruh CAR, ROA, dan FDR Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil Mudharabah Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2013-2017. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si.

Kata kunci: pembiayaan mudharabah, capital adequancy ratio, return on assets, financing to deposit ratio, vector error correction model.

Perbankan Syariah sebagai salah satu lembaga keuangan yang mengacu pada prinsip bagi hasil memiliki beberapa macam produk yang ditawarkan khususnya dalam tugas bank menyalurkan dana yaitu pembiayaan bagi hasil mudhrabah. Idealnya Pembiayaan bagi hasil yang mendominasi diantara jenis pembiayaan lainnya karena sesuai dengan system bagi hasil yang menjadi prinsip utama bank Syariah, namun kenyataannya bukan pembiayaan bagi hasil yang mendominasi. Penelitian ini mencoba mencari tahu apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembiayaan bagi hasil mudharabah. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Capital Adequancy Ratio (CAR), Return On Assets (ROA), dan Financing To Deposit Ratio (FDR) terhadap pembiayaan bagi hasil mudharabah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM). Metode ini digunakan untuk memperlihatkan hubungan jangka panjang dan jangka pendek antara variabel Capital Adequancy Ratio (CAR), Return On Assets (ROA), dan Financing To Deposit Ratio (FDR) dan pembiayaan mudharabah. Penelitian ini berdasarkan data sekunder dengan kurun waktu lima tahun dari tahun 2013-2017 yang diambil dari website resmi Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji VECM Capital Adequancy Ratio (CAR) dalam jangka pendek berpengaruh secara negatif tidak signifikan dan dalam jangka panjang berpengaruh secara negatif signifikan. Return On Assets (ROA) dalam jangka pendek berpengaruh secara negatif tidak signifikan dan dalam jangka panjang berpengaruh secara positif signifikan. Financing To Deposit Ratio (FDR) dalam jangka pendek berpengaruh secara positif tidak signifikan dan dalam jangka panjang berpengaruh secara positif signifikan.