SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP KONSUMSI MAHASISWA JURUSAN S1 EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Arif Nur Rahmadhon

Abstrak


Pada umumnya mahasiswa memiliki pendapatan yang berasal dari tiga sumber yaitu kiriman orang tua, beasiswa, dan bekerja. Mahasiswa yang bekerja memiliki nominal pendapatan yang berbeda-beda yang didasari karena jenis pekerjaan yang mereka lakukan berbeda pula. Pendapatan yang dihasilkan selama bekerja menjadi penunjang dalam masa perkuliahan mereka, dengan pendapatan yang dihasilkan pula mahasiswa juga akan menggunakannya untuk konsumsi sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pendapatan yang dihasilkan terhadap konsumsi yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Lokasi penelitian merupakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Data yang dikumpulkan berupa data primer dengan penyebaran angket tertutup. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana yang dilakukan pada masing-masing konsumsi yang telah ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan mempengaruhi konsumsi yang dilakukan oleh mahasiswa yang bekerja, namun dalam penelitian ini tidak semua konsumsi yang dilakukan berpengaruh terhadap pendapatan yang diterima. Pada penelitian ini pendapatan tidak mempengaruhi konsumsi makanan dan minuman, pendapatan tidak mempengaruhi konsumsi pakaian, pendapatan mempengaruhi konsumsi kebutuhan rumah tangga, namun pendapatan mempengaruhi konsumsi lain-lain. Hal ini diindikasi karena ada beragam macam konsumsi lain-lain yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu konsumsi pendidikan, konsumsi kesehatan, dan konsumsi rekreasi. Pengaruh tersebut juga dapat diindikasi karena latar belakang mahasiswa bekerja itu sendiri yaitu untuk membantu orang tua, menambah uang saku, menabung, dan memenuhi kebutuhan selama masa studi di universitas.