SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pemahaman Tentang Financial Technology Cicil

Pransiska Ayu

Abstrak


 

Pransiska, Ayu. 2019.  Analisis Pemahaman Tentang Financial Technology Cicil (Studi Kasus Pada Pengguna Cicil di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Roufah  Inayati, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Financial Technology, Pemahaman tentang fintech Cicil, Cicilan untuk Mahasiswa

Perkembangan Teknologi mulai masuk ke ranah digital guna menyongsong Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar tahun 2024, pemerintah sebagai regulator ekonomi Indonesia, harus memberdayakan seluruh masyarakat indonesia hingga ke pedesaan dan daerah terpencil di seluruh pelosok negeri agar turut merasakan dampak positif dari berkembangnya teknologi di masa yang akan datang. Ada beberapa orang-orang yang belum punya uang untuk membeli barang yang diinginkan memilih jalan untuk mengkredit atau mencicil barang agar segera mendapatkan barang yang diinginkan tanpa menabung. Fasilitas kredit sendiri sangat banyak, ada kredit offline dan kredit online. Kredit secara online atau segala bentuk pembiayaan secara online  termasuk dalam istilah financial technology. Fenomena ini dimanfaatkan oleh mahasiswa yang ingin membeli produk yang diinginkan tanpa perlu menguras tenaga untuk mencari barang yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengguinaan financial technology oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti bertindak sebagai pelaksana, observer, pengumpul data, penganalisis data, pemberian tindakan, dan sekaligus pembuat laporan penelitian. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan. tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan

Berdasarkan hasil penelitian mengenai penggunaan financial technology Cicil oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dapat diambil kesimpulan:

1) mayoritas barang yang dicicil adalah handphone dan laptop

2) beberapa informan membayar cicilan sendiri dari hasil bekerja ada yang meminta kepada orang tua

3)financial technology yang sering dipakai adalah jenis ewallet dan crowfunding. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambah jangkauan jenis financial technology lainnya.