SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Ekonomi Keluarga, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Jurusan S1 Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Hidayat Agus Rachmad

Abstrak


RINGKASAN

Hidayat, Agus Rachmad. 2019.  Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Ekonomi Keluarga, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Jurusan S1 Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembanguna, Fakultas Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof Dr Sri Umi Mintarti Widjaja, SE, MP, Ak

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Teman Sebaya, dan Perilaku Menabung

Perilaku menabung merupakan kebiasaan untuk menyisihkan sebagian uang untuk kegunaan masa depan semakin mahasiswa mampu menyisihkan uang maka mahasiswa akan terhidar dari krisis finansial. Perilaku menabung yang dimaksud adalah suati individu mampu memikirkan finansial untuk jangka panjang dan mengelola finansial dengan baik untuk menyisihkan yang akan digunakan jangka panjang. Ada beberapa faktor perilaku menabung yaitu dari faktor ekstern dan faktor intern. Faktor intern yaitu adalah literasi keuangan semakin mahasiswa melek akan literasi keuangan maka kebiaasaan menabung dan menggunakan uang secara bijak akan meningkat tapi jika sebaliknya apabila literasi keuangan buruk maka mahasiswa tidak mampu mengatasi krisis finansial pada dirinya. Sedangkan faktor ekstern yang pertama yaitu pendidikan ekonomi keluarga, keluarga sebagai pembentuk karakter pertama harus mampu memberi teladan pengelolaan keuangan yang baik pada anaknya agar anak tidak terlalu konsumtif. Faktor ekstern yang kedua yaitu pengaruh teman sebaya mahasiswa yang sering berkumpul dengan temannya akan dapat terpengaruh kebiasaannya semakin temannya mempunyai kebiasaan menabung dan mengelola keuangan yang baik maka suatu individu juga memiliki perilaku menabung yang baik juga jika sebaliknya maka perilaku menabung dan mengelola keuagan mahasiswa akan buruk

Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah literasi keuangan, pendidikan ekonomi keluarga, dan teman sebaya. Sedangkan variabel dependen adalah perilaku menabung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20 for Windows. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 330 yang merupakan total dari 10 offering mahasiswa jurusan S1 Ekonomi Pembangunan angkatan 2016. Teknik pengambilan sample menggunakan random sampling dengan jumlah sample 181 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan tes, angket untuk variabel pendidikan ekonomi keluarga, teman sebaya, dan perilaku menabung skala yang digunakan adalah skala likert. Sedangkan tes untuk variabel literasi keuangan menggunakan skala guttman

Hasil penelitian menunjukan literasi keuangan berpengaruh positif terhadap perilaku menabung dengan sumbangan efektif sebesar 21% mahasiswa jurusan S1 Ekonomomi pembangunan angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh positif terhadap perilaku  menabung dengan sumbangan efektif sebesar 4,3% mahasiswa jurusan S1 Ekonomi pembangunan angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Teman sebaya berpengaruh positif terhadap perilaku menabung dengan sumbangan efektif sebesar 8,64% mahasiswa jurusan S1 Ekonomi pembangunan angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Literasi keuangan, pendidikan ekonomi keluarga, dan pengaruh teman sebaya memliki sumbangan efektif terhadap perilaku menabung sebesar 33,94% mahasiswa jurusan S1 Ekonomi pembangunan angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.