SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Ekonomi pada Keluarga Petani Tambak Ikan Bandeng (Studi Kasus Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo)

Budi Satriyo Pamungkas

Abstrak


RINGKASAN

Pamungkas, Satriyo Budi. 2019. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Ekonomi pada Keluarga Petani Tambak Ikan Bandeng (Studi Kasus Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. Wahjoedi, M.E, M.Pd.

Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Ekonomi

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul serta tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Lingkungan keluarga merupakan tempat yang utama dalam perkembangan diri seorang anak. Dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagaian besar dari kehidupan anak adalah di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak berada dalam keluarga. Pendidikan dalam keluarga meliputi pendidikan mengenai ekonomi, agama, sosial budaya, norma-norma di masyarakat dan lain sebagainya. Pendidikan ekonomi dalam keluarga merupakan salah satu hal yang penting untuk diajarkan kepada anak dari usia dini, karena dapat menjadi sebuah pedoman dan tuntunan bagi tumbuh kembang anak hingga usia dewasa. Pembelajaran yang sangat mudah dilakukan adalah dengan cara memberikan contoh secara langsung, karena hampir 70 persen perilaku yang dilakukan anak adalam meniru orang tuanya, sehingga pentingnya internalisasi sebagai upaya dalam mewujudkan pendidikan keluarga yang optimal. Dikarenakan internalisasi merupakan sikap atau kesadaran dalam pengumpulan nilai tertentu agar dapat menjadikan pengetahuan di kemudian hari. Selama melakukan observasi awal, peneliti menemukan fenomena bahwa terdapat keluarga petani tambak ikan bandeng di Desa Kedungpandan memiliki tingkat pemahaman mengenai pendidikan ekonomi masih rendah. Fenoman lain yang sering muncul adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya pembelajaran mengenai pendidikan ekonomi dalam keluarga. Dimana mereka cenderung tidak melakukan pembelajaran kepada anak dan membiarkan untuk melakukan pembelajaran sendiri.

Penelitian ini difokuskan pada internalisasi dan penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi pada keluarga petani tambak. Latar belakang nilai-nilai Pendidikan ekonomi ini akan difokuskan kepada petani tambak yang memiliki anak remaja dengan rentang usia 15-18 tahun guna mengetahui pembentukan dan pendidikan ekonomi dalam keluarga. Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan ekonomi pada keluarg petani tambak, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan pemilihan informan menggunakan Teknik Purposive Sampling.

Internalisasi nilai-nilai pendidikan ekonomi pada informan yang merupakan keluarga petani tambak ikan bandeng di Desa Kedungpandan memiliki enak pola internalisasi. Keenam pola internalisasi tersebut terdiri dari pengelolaan uang saku, kebiasaan menabung secara teratur, menjadi konsumen yang baik, cara membuat keputusan membeli yang bijaksana, membandingkan harga dan kualitas, dan mengembangkan semangat berwirausaha. Berdasarkan penelitian internalisasi hampir seluruh informan sudah mengajarkan mengenai nilai-nilai pendidikan ekonomi dengan baik dan memiliki keberagaman. Terdapat beberapa informan yang sudah mengajarkan anaknya dengan memberikan contoh dan perhatian secara intens karena petani tambak ikan di Desa Kedungpandan cenderung memiliki tingkat pendapatan yang tidak menentu dan tingkat pendidikan relatif rendah. Hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor penghambat untuk memaksimalkan pembelajaran mengenai nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga kepada anak.