SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH EFIKASI DIRI, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN 2015

Nuril Fathoni

Abstrak


RINGKASAN

Fathoni, Nuril. 2019. Pengaruh Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

Kata Kunci: Efikasi diri, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha.

Pembangun suatu negara tidak pernah terlepas dari peran wirausaha. Peran wirausaha mulai dari pembukaan lapangan pekerjaan bagi angkatan kerja hingga penemuan-penemuan inovatif diperlukan untuk terus memajukan kondisi perekonomian negara. Namun disisi lain menjadi wirausaha tidak mudah sehingga membuat banyak orang tidak ingin menjadi wirausahawan. Hal ini dapat bedampak pada kurangya lapangan kerja yang dapat berimbas pada permasalahan pengangguran. Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki peran yang penting dalam tubuh masyarakat dalam rangka ikut membangun negeri. Namun masih banyak kita jumpai mahasiswa memiliki hal yang sama yakni lebih ingin menjadi pegawai ketimbang berwirausaha. Banyak hal yang dapat mempengaruhi mahasiswa mau untuk berwirausaha antara lain efikasi diri, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga. Mahasiswa yang dibekali oleh ilmu yang mapan sudah sepatutnya memiliki semangat berwirausaha untuk bisa menyebarkan semangat berwirausaha pada masyarakat terlebih untuk dirinya sendiri.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis:

(1) pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa;

(2) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa; (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa dan

(4) pengaruh efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa secara simultan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015 yang berjumlah 169 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional random sampling dan ditemukan dari  populasi 169 mahasiswa diperoleh sampel sejumlah 119 mahasiswa. Teknik pengumpulan data sendiri menggunakan kuisioner dan tes. Pengolahan data dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS 24 for Windows.

Hasil dari analisis menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 21,6%; (2) pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 16,6%; (3) lingkungan keluarga memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 16% ; dan (4) efikasi diri, pendidikan kewirausahaan dana lingkungan keluarga memiliki pengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 54,2%.

Berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) efikasi diri berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015; (2) pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015; (3) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015; (4) efikasi diri, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015

Saran dari penelitian ini yakni

(1) bagi mahasiswa untuk berusaha mewujudkan keinginanya untuk berwirausaha dengan yakin optimis dengan kemampuan yang dimiliki, mengimplementasikan pengetahuanya tentang kewirausahaan dan terus membangun komunikasi yang baik dengan keluarga;

(2) bagi penelitian lain diharapkan untuk meneliti faktor lain yang mempengaruhi minat berwirausaha agar dapat menambah referesnsi dan sumber ilmu untuk permasalahan ini.