SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X IPS SMA Khairuddin Gondanglegi Kabupaten Malang

Ines Widya Anggraini

Abstrak


Hasil observasi di SMA Khairuddin Gondanglegi kelas X IPS, menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih berada dibawah KKM. Hal ini disebabkan karena dalam penyampaian materi guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah dan kurangnya kesiapan siswa untuk melakukan kegiatan belajar di dalarn kelas. Hal-hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X IPS SMA Khairuddin Gondanglegi dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick.

Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Aktivitas siswa dilihat dari observasi sistematis yang dilakukan sepanjang pembelajaran. Sedangkan hasil belajar dilihat dari nilai post test yang dilakukan di setiap akhir siklus. Hasil penelitian dari sikus I nilai aktivitas siswa adalah 65,36% dan pada siklus II nilai aktivitas siwa meningkat menjadi 83,01%. Hasil penelitian ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 52,94% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kesimpulan pertama dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kedua penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.