SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Garda M. Qudsi Yudha

Abstrak


RINGKASAN

Yudha, M. Qudsi Garda. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Debate untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 Pada Mata Pelajaran Ekeonomi di MA Muhammadiyah 1 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th.,M.Div.,M.E.

Kata kunci: Debate, Keaktifan, Hasil Belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS I MA Muhammadiyah 1 Malang terhadap pelajaran ekonomi, hal ini terjadi karena model pembelajarn yang digunakan oleh guru cenderung memberikan materi secara langsung kepada siswa. Hal tersebut menyebabkan siswa pasif, kurang antusias, bahkan ada yang mengantuk disaat pembelajaran berlangsung. Hasil nilai ulangan harian pada mata pelajaran ekonomi dengan pokok bahasan Perdagangan Internasional dari dokumentasi guru menunjukkan bahwa dari siswa 20 siswa kelas XI IPS 1 yang tuntas sesuai dengan KKM sebanyak 12 siswa. Perlu dilakukan perubahan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa sehingga dapat membuat antusias, aktif, dan tidak mengantuk saat proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar khususnya materi Perdagangan Internasional yaitu model pembelajaran Debate.

Pembelajaran kooperatif model Debate didesain untuk meningkatkan kerja sama antar kelompok sehingga seluruh siswa aktif dan antusias untukmengungkapkan pendapat yang telah dperoleh dari studi kasus yang telah diberikan oleh guru. Dari situlah siswa akan mudah mengingat dan memahami materi yang telah disampaikan. Keaktifan merupakan segala sesuatu yang menarik perhatian seseorang untuk mengikuti suatu kegiatan dengan baik yang dalam penelitian ini adalah kegiatan belajar. Hasil belajar siswa merupakan nilai yang dicapai siswa ranah kognitif  tentang Perdagangan Internasional setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Debate yang diukur melalui tes paska kegiatan dan pencapaian indikator afektif siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Debate dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS I MA Muhammadiah 1 Malang tahun ajaran 2018/2019. Keaktifan tersebut terdiri atas

(1) turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya, (

(2).terlibat dalam pemecahan masalah,

(3).bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami materi dan persoalan yang dihadapinya,

(4) berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk pemecahan masalah,

(5) melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru,

(6) berani dan percaya diri menampilkan hasil belajar yang telah dikerjakan,

(7) melatih diri dalam memecahkan soal atau masalah yaitu siswa dapat menyelesaikan soal post test yang diberikan oleh guru,

(8) kesempatan menggunakan atau menerapkan apa yang telah diperolehnya dalam menyelesaikan tugas atau persoalan yang dihadipinya.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Terdapat empat tahapan dalam setiap siklus, yaitu:

(1) perencanaan,

(2) pelaksanaan,

(3) pengamatan,

(4) refleksi. Subjek yang digunakan adalah adalah siswa kelas XI IPS 1 MA Muhammadiyah 1 Malang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara.

Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Debate ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata tingkat keakifan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 68,75% meningkat menjadi 80,94% pada siklus 2 dengan klasifikasi baik. Untuk hasil belajar siswa, Rata-rata nilai post-test pada siklus 1 yaitu, 75,00 dengan persentase ketuntasan belajar 60% dengan klasifikasi kurang. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai post-test meningkat sebesar 78,00 dengan persentase ketuntasan belajar 80% dengan klasifikasi baik.

Untuk Guru Ekonomi pada jenjang Sekolah Menengah Atas yang ingin meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, dapat menggunakan pembelajaran kooperatif model Debate pada materi Perdagangan Internasional, hal ini dapat dilakukan jika terdapat persamaan latar belakang masalah sebagaimana pada penelitian ini.