SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Literasi Keuangan dalam Aplikasi Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Bidikmisi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang

Indaryati Nurul Cicik

Abstrak


ABSTRAK

Indaryati, Nurul Cicik. 2019.  Analisis Literasi Keuangan dalam Aplikasi Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Bidikmisi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div. M.E

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Pengelolaan Keuangan, Beasiswa Bidikmisi

Literasi Keuangan merupakan pengetahuan yang berupa pemahaman mengenai keuangan dalam pengelolaan keuangan secara pribadi, untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Literasi keuangan yang baik dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu penganggaran, pinjaman, tabungan dan investasi. Pemahaman mengenai Literasi Keuangan yang minim dapat menyebabkan permasalahan dalam pengelolaan keuangan. Mahasiswa penerima Bidikmisi angkatan 2015 Prodi S1 Pendidikan Ekonomi saat ini tengah mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan karena kebutuhan sebagai mahasiswa tingkat akhir yang semakin banyak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan secara langsung melalui wawancara dan observasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis melalui reduksi data, display data dan kemudian akan ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa informan yang literasi keuangannya kurang baik. Sehingga hal tersebut menyebabkan pengelolaan keuangan mereka juga bermasalah. Dari aspek penganggaran pendapatan yang diterima mahsiswa berasal dari bidikmisi, orang tua dan sebagian dari bekerja. Mahsiswa ada yang membuat dan ada yang tidak membuat daftar skala prioritas, begitu pula dengan perkiraan pemasukan dan pengeluaran. Dari aspek pinjaman, mahasiswa tidak ada yang meminjam ke Bank, ketika kehabisan uang saku hal yang biasa mereka lakukan adalah meminjam kepada teman atau meminta kiriman dari orang tua. Dari aspek tabungan, mahasiswa ada yang sudah melakukan kegiatan menabung walaupun hanya di celengan dan ada pula yang tidak menabung sama sekali, dan dari aspek yang terakhir adalah investasi. Mahasiswa sudah ada yang melakukan kegiatan investasi dan ada yang belum melakukan kegiatan investasi.

Klasifikasi dari literasi keuangan mahasiswa penerima bidikmisi angkatan 2015 Prodi S1 Pendidikan Ekonomi terbagi menjadi 2 yaitu Well Literate dan Sufficient Literate. Pengelolaan keuangan yang baik yang telah dilakukan oleh mahasiswa dalam penelitian ini dapat dilihat dari cara mereka melakukan perencanaan dan pengawasan terhadap keuangan mereka.

Saran dalam penelitian ini adalah bagi Mahasiswa bidikmisi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 diharapkan mampu memahami mengenai literasi keuangan dengan baik, karena dengan pemahaman literasi keuangan yang baik maka mereka akan mudah untuk menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan dalam pengelolaan keuangannya. Serta bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih memperluas subjek penelitian agar tidak hanya mahasiswa bidikmisi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 saja.