SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Literasi Ekonomi, Pengelolaan Uang Saku, Kontrol Diri dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Rasionalitas Konsumsi Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Rosidah Emilia

Abstrak


RINGKASAN

Rosidah, Emilia. 2019. Pengaruh Literasi Ekonomi, Pengelolaan Uang Saku, Kontrol diri, Dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Rasionalitas Konsumsi Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Kata Kunci : Literasi Ekonomi, Pengelolaan Uang Saku, Kontrol diri, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Rasionalitas Konsumsi

Rasionalitas konsumsi merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara sadar melalui pemikiran yang matang sebelum menentukan keputusan dalam berkonsumsi. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi tindakan rasional sangat diperlukan karena, banyaknya fitur dalam media sosial juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian yang berakibat pada perilaku konsumsi yang tidak rasional. Rasionalitas berkonsumsi dalam penelitian ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu faktor internal adalah literasi ekonomi, pengelolaan uang saku dan kontrol diri. Sedangkan faktor eksternal yaitu intensitas penggunaan media sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara literasi ekonomi, pengelolaan uang saku, kontrol diri dan intensitas penggunaan media sosial terhadap rasionalitas berkonsumsi mahasiswa, baik secara parsial maupun simultan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi dimana data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 dengan jumlah sampel 115 mahasiswa yang dihitung dengan rumus proportional random sampling. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 20 For Windows .

Hasil analisis data menunjukkan bahwa:

(1) Literasi ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi mahasiswa,

(2) Pengelolaan uang saku berpengaruh positif signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi mahasiswa,

(3) Kontrol diri berpengaruh positif signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi mahasiswa,

(4) Intensitas penggunaan media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi mahasiswa,

(5) Terdapat pengaruh secara simultan antara literasi ekonomi, pengelolaan uang saku, kontrol diri dan intensitas penggunaan media sosial terhadap rasionalitas berkonsumsi mahasiswa

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan :

(1) Bagi mahasiswa diharapkan lebih meningkatkan lagi rasionalitas berkonsumsinya yang dimiliki.

(2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan penelitian lebih lanjut mengenai variabel lain diluar literasi ekonomi, pengelolaan uang saku, kontrol diri dan intensitas penggunaan media sosial terhadap rasionalitas berkonsumsi, agar dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengauhi rasionalitas berkonsumsi terutama faktor yang berasal dari luar atau eksternal.