SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Ekonomi Driver Transportasi Berbasis Aplikasi Online (Studi Kasus Grab-Car di Wilayah Kota Malang))

Dly Ilham Hamidi

Abstrak


RINGKASAN

Dly, Ilham Hamidi. 2019.  Analisis Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Ekonomi Driver Transportasi Berbasis Aplikasi Online (Studi Kasus Grab-Car di Wilayah Kota Malang). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M. Si

Kata Kunci: Pendidikan Ekonomi, Nilai-nilai Pendidikan Ekonomi, Driver Grab-car.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi berbanding lurus dengan perkembangan dan tingkat kebutuhan manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Kebutuhuan manusia cenderung tidak terbatas dibanding sumber daya yang ada terbatas. Pendidikan merupakan kebutuhan penting yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk menciptakan sikap dan perilaku dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Salah satunya adalah pendidikan ekonomi, yaitu bagaimana cara manusia untuk memilih menggunakan sumber daya produktif yang langka guna menghasilkan pengetahuan, keterampilan daya  fikir dan karakter serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut bertujuan bahwa bagaimana seseorang mampu mensejahterakan ekonominya. Selain itu, kebutuhan manusia terhadap teknologi transportasi dan teknologi informasi sejalan dengan berlangsungnya kehidupan manusia. Kota Malang merupakan salah satu kota yang terkena dampak akan perkembangan teknologi transportasi dan teknologi informasi, hal tersebut ditunjukkan bahwa antusiasme masyarakatnya dalam pemanfaatan teknologi cukup tinggi. Aplikasi Grab merupakan salah satu wujud nyata dari perkembangan tersebut. Hubungan teknologi transportasi dan teknologi informasi memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memobilisasi kegiatannya sehari-hari. Sebagai penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi online, driver atau pengemudi merupakan pemeran utama dalam menjaga eksistensi transportasi ojek online dan konsistensi masyarakat sebagai pengguna jasa. Hal tersebut menunjukkan bahwa dibutuhkannya nilai-nilai pendidikan ekonomi yang harus diterapkan oleh driver atau pengemudi setiap harinya. Sehingga Fokus penelitian ini adalah analisis penerapan nilai-nilai pendidilan ekonomi driver transportasi berbasis aplikasi online (studi kasus aplikasi Grab-car di wilayah kota Malang).

Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, dimana subyek penelitian dipilih dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul semua, selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data hingga akhirnya penarikan kesimpulan atau verifikasi sebagai langkah untuk menganalisis data. Agar data yang di peroleh dapat dinyatakan kredibel, penulis melakukan pengecekan keabsahan data dengan cara melakukan perpanjangan pengamatan dan triangulasi yaitu triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan ekonomi yang diterapkan oleh driver transportasi berbasis aplikasi online (Grab-car) yaitu nilai mementingkan kepentingan bersama atau orang laian (altruisme), nilai tanggung jawab, nilai semangat,  nilai kejujuran, nilai bekerja sama/kebersamaan/gotongroyong dan nilai inovatif. Penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi tersebut diperoleh dari interaksi antara driver atau pengemudi dengan penumpang baik secara langsung maupun via gadget. Prinsipnya penerapan tersebut untuk mempertahankan eksistensi transportasi berbasis aplikasi online dan menjaga konsistensi pengguna dalam memanfaatkan transportasi berbasis aplikasi online