SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 1 Batu Tahun Ajaran (2018/2019)

Kenanga Dea Rista Cahya

Abstrak


ABSTRAK

Kenanga, Dea Rista Cahya. 2019.  Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 1 Batu Tahun Ajaran (2018/2019). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Ro’ufah Inayati, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Power Point, Mata Pelajaran Ekonomi

Media pembelajaran merupakan penunjang dalam proses pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Power Point merupakan salah satu media pembelajaran yang sering digunakan namun masih belum diketahui tingkat kefektifannya dalam proses pembelajaran. Dalam penerapanya penggunaan media pembelajaran power point dibeberapa sekolah di kota malang termasuk di SMAN 1 Batu belum diketahui efektif atau tidaknya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu dilakukan sebuah penelitian yang berfokus pada kegiatan mengevaluasi tentang efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis power point dalam mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Batu tahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh langsung melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk teknik analisis data yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa berdasarkan analisis evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Media pembelajaran power point sudah memenuhi syarat menjadi media pembelajaran yang baik. Komponen dan materi dalam power point juga sudah lengkap namun, masih terdapat beberapa kekurangan dan hambatan seperti tampilan yang kurang menarik dan erornya LCD yang digunakan, adanya hambatan dan kekurangan tidak mengurangi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran  bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memperluas subjek penelitian.