SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS II SMA NEGERI 1 KARANGAN

Nyamanda Ade Ruwanti

Abstrak


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang sering lupa dengan materi yang telah dipelajari dan itu mempersulit mereka pada waktu akan mendekati ulangan, sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan  peelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Karangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran mind mapping dan snowball thrawing. Hal ini dapat ditunjukkan dengan pencapaian hasil belajar dengan rata-rata nilai post test siklus I sebesar 77 dengan  persentase ketuntasan sebesar 35%, sementara nilai rata-rata pada siklus II sebesar 89, dengan persentase ketuntasan sebesar 97%. Sedangkan persentase keterlaksanaan tindakan penelitian pada siklus I sebesar 68%, pada siiklus II persentase sebesar 88% juga mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Snowball Thrawing dan Hasil Belajar.