SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Modernitas, Periklanan, dan Pemahaman Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen

Khabir Galuh Wigati

Abstrak


RINGKASAN

Khabir, Galuh Wigati. 2019.  Pengaruh Modernitas, Periklanan, dan Pemahaman Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen.Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th, M.Div, M.E.

Kata kunci: Modernitas, Periklanan, Pemahaman Ekonomi dan Perilaku Konsumtif

Modernitas merupakan peralihan dari situasi tertutup ke situasi yang lebih terbuka dengan didukung oleh kemajuan teknologi, dimana siswa yang memiliki modernitas yang tinggi mereka lebih mengenal berbagai periklanan yang beredar di media massa dan media sosial sehingga mereka dapat memilih dan memilah produk  yang diiklankan dan dengan diiringi pemahaman ekonomi yang baik siswa dapat mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhannya bukan atas keinginannya, dengan demikian siswa dapat terhindar dari perilaku konsumtif dalam membeli suatu barang.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah

(1) apakah terdapat pengaruh modernitas terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen ?,

(2) apakah terdapat pengaruh periklanan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen ?,

(3) apakah terdapat pengaruh pemahaman ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen ?,

(4) apakah terdapat pengaruh modernitas, periklanan,dan pemahaman ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen ?.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan kuantitatif berjenis eksplanasi yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antar variabel bebas dengan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen yang berjumlah 133 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh 100 responden.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes dan metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan modernitas terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen, terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen, terdapat pengaruh negatif dan signifikan pemahaman ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen, dan terdapat pengaruh simultan antara modernitas, periklanan, dan pemahaman ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kepanjen.