SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa strata 1 pendidikan ekonomi angkatan 2015 (study fenomenologi keluarga guru)

Qohar Abd.

Abstrak


ABSTRAK

Qohar, Abd. 2018.  Analisis Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Strata 1 Pendidikan Ekonomi Tahun 2015 Di Universitas Negeri Malang (Studi Fenomenologi pada Lingkungan Keluarga Guru). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Wahjoedi.

Kata Kunci: Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Minat menjadi guru, Faktor Internal, faktor Eksternal.

Sebagian anak muda pada zaman sekarang ialah kurang berminat untuk berprofesi menjadi guru terutama mahasiswa pendidikan ekonomi, sehingga mereka tidak dapat mengamalkan ilmu yang mereka peroleh didalam perkuliahan, padahal profesi guru memiliki keunggulan yang telah diberikan pemerintah seperti mempermudah proses mendapatkan sertivikasi yang bertujuan untuk menumbuhkan minat seseorang menjadi guru, sebagian besar mahasiswa Pendidikan Ekonomi memiliki minat untuk berprofesi menjadi guru karena adanya dorongan dari lingkungan keluarga yang sudah berprofesi menjadi guru.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi lebih mendalam tentang minat mahasiswa untuk berprofesi menjadi guru yang dilihat dari faktor internal dan faktor eksternal dari lingkungan keluarga guru, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif fenomenologi. Data primer yang dipaparkan berupa hasil wawancara mendalam dari responden yang bersangkutan, serta data sekunder berupa studi pustaka dan internet.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, minat mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk berprofesi menjadi guru, baik dari lingkungan keluarga guru maupun keluarga non guru dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi: pembawaan yang dimiliki,rasa tertarik, dan cita-cita, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, teman sebaya, peran dosen, dan pendapatan guru.