SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBIAYAAN KPR SYARIAH DI BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH MALANG

Arifin Bramastya Marvin Pradana

Abstrak


ABSTRAK

Arifin, Bramastya Marvin Pradana. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Pembiayaan KPR Syariah di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Malang Skripsi, Program Studi Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Imam Mukhlis, S.E, M.Si.

Kata Kunci: KPR Syariah, Pengambilan Keputusan, BTN Syariah, Pembiayaan

Semakin berkembangnya pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan tol di Kota Malang mengakibatkan berkurangnya tanah milik warga di sekitarnya. Sementara itu pertumbuhan penduduk di Kota Malang semakin meningkat 0,70% (BPS, 2017) per tahun dengan jumlah penduduk di Kota Malang sendiri mencapai 861 ribu jiwa.  Dengan meningkatnya jumlah penduduk, maka permintaan akan kebutuhan rumah meningkat. Dalam upaya memenuhi kebutuhan akan permintaan tempat tinggal/rumah, saat ini tidak hanya dapat dilakukan secara cash, tetapi dapat dilakukan secara kredit pula, dikarenakan pemerintah bekerjasama dengan perbankan untuk menyiapkan program KPR (kredit pemilikan rumah). Perbankan di Indonesia yang memiliki fokus di sektor Kredit Pemilikan Rumah adalah Bank Tabungan Negara baik dengan sistem Konvensional maupun Syariah. Namun, sistem syariah saat ini lebih diminati masyarakat karena terdapat beberapa keunggulan seperti sistem bagi hasil dan akad yang jelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang mempengarhi nasabah Bank Tabungan Negara Syariah Malang dalam memilih pembiayaan KPR Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dari penyebaran kuisioner kepada nasabah Bank Tabungan Negara Cabang Syariah Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel faktor religiusitas (x1) dan variabel faktor sosial (x3) terhadap pengambilan keputusan KPR (y) pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Malang. Terdapat pengaruh signifikan antara variabel faktor ekonomi (x2) dan variabel faktor citra merk (x4) terhadap pengambilan keputusan KPR (y) pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Malang.