SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kelayakan Wisata Edukasi Pertanian Organik Brenjonk Berbasis Syariah Di Desa Penanggungan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto

Desi Ivana Vita

Abstrak


Indonesia merupakan Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2010 jumlah masyarakat yang beragama Islam lebih besar dari pada yang lainnya yaitu sebesar 207.176.162 jiwa. Pada tahun 2013 terdapat banyak wilayak yang akan dijadikan destinasi wisata syariah, salah satunya yaitu Jawa Timur. Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu wilayah yang berada di Jawa Timur yang memiliki beraneka ragam wisata, salah satunya yaitu wisata edukasi pertanian organik brenjonk yang berada di Desa Penanggungan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Selain memberikan hiburan untuk wisatawan, wisata edukasi pertanian organik brenjonk juga memberikan edukasi tentang tata cara bertanam organik yang baik dan benar, dan juga mengajarkan untuk lebih mengenal dan mencintai alam, karena wisatawan yang berkunjung akan diajak langsung bertanan dan bermain di sawah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan wisata edukasi pertanian organik brenjonk menjadi wisata yang berbasis syariah di Desa Penanggungan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Desa Penanggugan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu juga menggunakan perhitungan Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Profitability Index (P1).

Hasil penelitian mengenai studi kelayakan wisata edukasi pertanian organik brenjonk menjadi wisata yang berbasis syariah di Desa Penanggungan Kecamatan Trawa Kabupaten Mojokerto dapat disimpulkan bahwa wisata edukasi pertanian organik brenjonk memiliki potensi wisata syariah dan layak untuk dijadikan wisata yang berbasis syariah di Desa Penanggungan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Karena wisata edukasi pertanian organik Brenjonk memenuhi kriteria atau indikator yang sudah ditetapkan oleh Fatwa DSN-MUI.