SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Variabel Makroekonomi dan Indeks Saham Bank: Analisis Data Panel dari Himpunan Bank Negara (HIMBARA) Periode 2015-2017

Sisilia Dewi Permatasari

Abstrak


Sektor perbankan dan pasar modal merupakan bagian dari suatu sistem perekonomian di suatu negara. Krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1997 membawa dampak yang berbeda bagi sektor perbankan dan pasar modal di Indonesia. Krisis ekonomi menyebabkan fungsi lembaga perbankan sebagai lembaga intermediasi menjadi kurang efektif sedangkan krisis ekonomi bagi pasar modal justru mengakibatkan semakin berkembangnya pasar modal. Dalam upaya untuk membangkitkan peran perbankan pasca krisis ekonomi, lembaga bank mulai memasuki dunia pasar modal dengan tujuan untuk menambah sumber pemasukan dana bagi bank.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel makro ekonomi yang terdiri dari nilai kapitalisasi pasar, nilai tukar dan inflasi terhadap indeks saham bank yang tergabung dalam HIMBARA selama periode 2015-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bank Indonesia (BI) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berbentuk data panel. Dalam penelitian ini, instrumen penelitian menggunakan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode regresi data panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua variabel yaitu nilai tukar dan inflasi berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap indeks saham bank yang tergabung dalam HIMBARA sedangkan kapitalisasi pasar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap indeks saham bank yang tergabung dalam HIMBARA. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semua variabel yang digunakan dalam penelitian secarasimultan berpengaruh signifikan terhadap indeks saham bank yang tergabung dalam HIMBARA selama periode 2015-2017.