SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Efektivitas Penerapan E-Musrenbang Pada Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya

Oktarina Herlinda

Abstrak


ABSTRAK

Oktarina, Herlinda. 2019.  Analisis Efektivitas Penerapan E-Musrenbang Pada Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Farida Rahmawati, S.E.,M.E.

Kata Kunci : Implementasi, Efektivitas, E-Musrenbang

Dewasa ini smart city sedang menjadi tren di beberapa Negara tak terkecuali Indonesia. Saat ini setiap daerah di Indonesia sedang berlomba-lomba membangun daerahnya melauli konsep smart city. Smart City merupakan salah satu langkah dalam memajukan daerah di suatu negara dengan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Menurut Frost and Sullivab pada tahun 2014 mengatakan bahwa smart city memiliki beberapa konsep utama yaitu smart governance, smart technology, smart infrastructure, smart healthcare, smart mobility, smart building, smart energy, dan smart citizen. Berbagai daerah di Indonesia telah melaksanakan konsep EGovernment. Salah satu kota yang telah berhasil dalam melaksanakan E-Government Kota Surabaya. Dalam pelaksanaannya Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (BAPPEKO), menghadirkan berbagai produk demi mendukung kelangsungan program E-Government. Salah satu produk tersebut adalah EMusrenbang (Elektronik Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan). Produk ini di peruntukan untuk memudahkan dalam mengumpulkan aspirasi atau usulan dari masyarakat berbasis elektronik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi atau pengetahuan berkaitan dengan implementasi penerapan E-musrenbang pada kecamatan Kenjeran Kota Surabaya serta untuk mengetahui efektivitas penerapan E-musrenbang di kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah staff Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, staff Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya, dan masyarakat Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya.

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa implementasi E-Musrenbang di Surabaya sudah sangat sesuai dengan peraturan yang ada. Selain itu timbul rasa percaya oleh masyarakat kepada pemerintah karna adanya transparansi dan konsistensi pemerintah. Serta Efektivitas program E-Musrenbang di Kecamatan Kenjeran sudah efektif. Hal ini dilihat dari hasil wawancara peneliti warga kecamatan sudah mengetahui adanya aplikasi E-Musrenbang dan dari 11 kriteria yang telah di jabarkan.