SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Uang Saku Siswa yang Tinggal di Asrama SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang (Studi pada Siswa yang berasal dari Malaysia)

Kustifiyah Siti Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Kustifiyah, Siti Dewi. 2019.  Pengelolaan Uang Saku Siswa yang Tinggal di Asrama SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang (Studi pada Siswa yang berasal dari Malaysia). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

Kata Kunci: Pengelolaan Uang Saku, Pemanfaatan Uang Saku, Siswa yang tinggal di Asrama Sekolah.

Kebutuhan yang dimiliki oleh siswa dalam menjalani hidupnya sangat beranekaragam. Dalam memenuhi kebutuhannya, siswa memiliki berbagai sumber uang saku seperti kiriman uang yang diperoleh dari orang tua, hasil usaha, atau beasiswa. Akan tetapi sumber uang saku utama siswa adalah berasal dari kiriman uang saku yang diberikan orang tua. Pemberian uang saku yang berperiode tersebut mengharuskan siswa mengelola uang saku yang diterima dengan baik agar cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam satu periode. Siswa dari Malaysia dipilih karena memenuhi kriteria dalam penelitian ini yaitu tinggal di asrama sekolah dan hidup jauh dari orang tua sehingga membuat intensitas pertemuan langsung dengan orang tua menjadi sangat kecil. Masalah tersebut membuat siswa yang tinggal di asrama sekolah memerlukan pengelolaan keuangan yang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengelolaan uang saku siswa SMK Cendika Bangsa yang tinggal di asrama sekolah, khususnya siswa yang berasal dari Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi, dan teknik dalam analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/verifikasi.

Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa uang saku yang diperoleh siswa dari orang tua dan sumber lainnya dialokasikan untuk konsumsi dan tabungan. Dalam mengelola uang saku, sebagian besar informan melakukan perencanaan serta membuat pertanggung jawaban kepada orang tua. Selain pengelolaan uang saku yang dilakukan oleh siswa itu sendiri, pengelolaan uang saku yang dilakukan oleh siswa juga dipengaruhi oleh pengarahan dari orang tua mengenai mengelola uang saku yang baik. Pengarahan dilakukan oleh orangtua melalui pendidikan ekonomi dalam keluarga yang diberikan. Jadi, pengawasan dilakukan oleh siswa dengan membatasi dan mempertimbangkan pembelian yang akan dilakukan. Sedangankan, orang tua melakukan pengawasan dengan cara menerima laporan dari masing-masing informan mengenai pengeluaran yang terjadi pada periode tersebut.